Cinta Ashoka dan Kaurwaki di Mata Seorang Desfortin

asoka-dan-kaurwaki
Ashoka and Gaurvi – Sweet Moment

Entah apa dan kenapa kali ini saya tertarik untuk menilai sebuah kisah serial drama televisi. Mungkin karena kagum akan sosok tokoh utamanya atau mungkin karena tuntutan menulis artikel, atau kemungkinan lain?

Lewat tulisan sederhana ini, meski saya bukan pakar cinta, saya terdorong untuk menilai sebuah kisah cinta, bukan tentang Romeo dan Juliet, bukan pula tentang Boy dan Reva, tetapi tentang kisah cinta antara Ashoka (Mohit Raina) dan Kaurwaki (Soumya Seth) dalam serial drama Chakravartin Ashoka Samrat yang ditayangkan oleh salah satu Stasiun TV swasta, ANTV.

Kisah cinta Ashoka dan Kaurwaki adalah kisah cinta dua insan dari dua kerajaan besar India, yang penuh trik dan intrik politik serta kekuasaan (setidaknya menurut versi film). Ashoka adalah putra kerajaan Magadha dari yang mulia raja Bindusara. Sedangkan Kaurwaki adalah seorang putri ningrat dari kerajaan Kalinga dari yang mulia raja Jagganath (versi ini banyak dikisahkan dalam film-film Ashoka, meski sebenarnya Kaurwaki adalah putri seorang nelayan. Nama itu diberikan padanya hanya karena ia lahir di Kalinga).

Sekali lagi, meskipun saya bukan seorang yang pakar urusan cinta/asmara, saya disini mencoba untuk menilai kualitas cinta Ashoka dan Kaurwaki. Bagi saya, cinta mereka adalah cinta yang kuat seperti maut. Sebuah semangat cinta yang penuh perjuangan dan kegigihan serta pengorbanan. Cinta yang demikian adalah cinta yang luar biasa, yang tidak gampang digagalkan oleh berbagai keadaan.

asiko3
Ashoka-Kaurwaki (Sebelum Dewasa)

Karena itu, kisahnya tentu menarik dan seru untuk kita cermati. Mengapa? Karena meskipun Ashoka dan Kaurwaki selalu tampak serasi dan tidak terpisahkan, namun kisah cinta mereka tidaklah selalu berjalan mulus sesuai harapan. Dari awal, kisah cinta mereka memang selalu diwarnai oleh pelbagai halangan dan rintangan. Namun, semua halangan dan rintangan tersebut selalu dapat mereka lalui dengan gemilang. Cinta yang demikianlah yang patut untuk dijadikan contoh.

Salah satu gangguan utama alias penghalang utama kisah cinta Ashoka dan Kaurwaki adalah masalah internal keluarga kedua belah pihak. Raja Kalinga, Jagganath, tidak rela putrinya, Kaurwaki menikah dengan Ashoka, putra Raja Magadha, Bindusara, yang notabene adalah seorang keturunan hamba dari suku Maurya (sekali lagi, setidaknya ini menurut versi film).

Kisah cinta kedua sejoli ini memang menarik untuk diperhatikan. Setidaknya bagi seorang Desfortin. Betapa tidak, karena selain mereka berasal dari dua keluarga yang berbeda kasta, mereka juga adalah manusia yang berhak atas CINTA dan HIDUP BAHAGIA. Cinta bagi seorang Desfortin tidak memandang kasta, entah itu bangsawan atau rakyat jelata, juga tidak memandang miskin atau kaya.

CINTA Eros adalah cinta dua sejoli, cinta dua insan yang dimabuk asmara, sebuah cinta yang suci untuk menggenapi mandat ilahi, yakni beranak cucu dan bertambah banyak, untuk memenuhi bumi dan menaklukkannya alias menguasai alam. Demikian tertulis dalam Kitab Perjanjian Lama dalam Alkitab (Kejadian 1:28).

Akan tetapi kini saya kaget. Kaget bukan karena tidak tahu sejarahnya atau legendanya, namun kaget dengan kisahnya yang demikian (setidaknya di dalam film). Bukan salah sang sutradara atau pembuat skenario, namun salah siapa atau tidak ada yang perlu disalahkan? Menarik dan menggugah emosi memang, setidaknya bagi seorang Desfortin.

devi-asoka
Ashoka-Devi

Memberanikan diri bertanya: Apakah ini karena jodoh atau bukan? Apakah demi mengubah nasib/takdir ala Permaisuri Dharma alias Pallavi Subash, sehingga ia mengijinkan Ashoka menikah dengan Devi alias Kajol Srivastava, yang notabene adalah sahabat Kaurwaki alias Soumya Seth? Atau, memang karena kehendak takdir dewa bagi Ashoka demi persatuan India, dimana Ashokalah penguasa finalnya?

Sekali lagi saya kaget bukan lantaran tidak tahu sejarahnya atau legendanya, tetapi karena niat mempertanyakan saja, kenapa cinta yang begitu manis dan mesra dari dua sejoli ini harus dilukai dengan cara demikian? Menarik kisahnya dalam Serial Ashoka ini karena selain menggugah emosi penonton, juga memberi pesan bahwa CINTA kadang tak direstui (setidaknya menurut drama).

Memang, di dunia ini tidak ada yang mustahil. Semuanya memiliki kemungkinan. Yang mustahil bagi manusia, tidak mustahil bagi Tuhan atau bagi dewa (kalau boleh dibilang begitu). Bahkan, ada teori bahwa yang nampak indah tidaklah selalu indah. Yang nampak buruk tidaklah selalu buruk.

Itulah yang terjadi dalam kisah cinta kedua sejoli ini. Karena pada akhirnya Devilah yang menikah dengan Ashoka dan melahirkan Pangeran Mahendra dan Putri Sanghamitra (walaupun kemudian Ashoka dan Kaurwaki juga menikah dan melahirkan Pangeran Tivala, tetapi berarti Kaurwaki adalah istri kedua). Sepertinya tidak logis, bahkan tidak adil, namun nampaknya Ashoka harus menerima nasib dan kenyataan bahwa Devilah wanita pertama yang dinikahinya alias Devi adalah istri pertamanya.

Ironisme, menurut sejarah atau legenda, Kaurwakilah wanita atau istri yang paling ia cintai (konon menurut legenda, nantinya ada beberapa istri Ashoka; maklumlah raja, yakni Devi alias Mahadevi Sakyakumari, Kaurwaki, Padmawati, Asandhimitra, Tishyaraksha). Darimanakah kita tahu kalau Kaurwaki adalah istri favorit Ashoka? Setidaknya sumber sejarah tertulis melalui prasasti yang dibangun khusus untuk Kaurwaki, yakni Queen Edict, memberitahu kita bahwa nama Kaurwakilah yang terukir dalam prasasti tersebut (termasuk nama Pangeran Tivala), yang mengindikasikan bahwa Ashoka begitu mengenangnya.

queen-edict

Kisah seru cinta Ashoka dan Kaurwaki dalam Serial Drama Kolosal Favorit yang ditayangkan di ANTV ini semakin seru saja sampai pada saat tulisan ini diterbitkan, hari ini, Kamis, 27 Oktober 2016. Walaupun jam tayangnya terkadang ‘menyebalkan’ saya, dan mungkin sebagian penggemarnya, lantaran kerap berubah-ubah, namun kelanjutan kisahnya sayang untuk dilewatkan para penggemarnya.

Salam Cerdas,

Desfortin

Iklan

7 thoughts on “Cinta Ashoka dan Kaurwaki di Mata Seorang Desfortin

    1. Ya, Buran Lewu. Sayang gak ada sekuel lanjutannya. Padahal seru banget. Saya suka sekali menonton drama kolosal ini. Saya agak kecewa dikit di film yang ditayangkan di ANTV ini, gak diceritakan Ashoka dan Kaurwaki sampai menikah. Kayaknya gak happy ending gitu, haha …

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s