SMPN 1 BATANG KAWA MENYAMBUT NATAL TAHUN 2016

IMG_8771.JPG
Dari kiri ke kanan (Apri Russady, M. Wilson, Roci, Pdt. Esau, Leman, Pdt. Franedi, Rudi, Albert, dr. Marjoni)

Tanpa terasa kini kita sudah memasuki bulan Desember. Bulan terakhir di tahun ini. Banyak yang harus dimantapkan dan bahkan dievaluasi. Bagi umat Kristiani bulan Desember dianggap pula sebagai bulan Natal. Bulan memperingati kelahiran Yesus Kristus, Sang Juru Selamat.

Ya, natal sudah menjelang. Walaupun tanggal 25 Desember belum tiba, tetapi riak-riak persiapan natal sudah dimulai. Bahkan di awal bulan Desember ini sudah ada yang merayakan Natal. Itulah yang terjadi pada hari Jumat, 02 Desember 2016 tadi siang. Hari ini adalah hari spesial bagi keluarga besar SMPN 1 Batang Kawa. Walaupun bukan sebagai institusi gerejawi, sebagai institusi pendidikanpun, SMPN 1 Batang Kawa tidak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam merayakan Natal. Apalagi mengingat memang mayoritas warga SMPN 1 Batang Kawa pada saat ini beragama Kristen. Jadi, mungkin wajar saja hal ini terjadi.

Untuk wilayah Batang Kawa, Perayaan Natal SMPN 1 Batang Kawa pada hari ini merupakan natal kedua setelah SMAN 1 Batang Kawa yang juga telah merayakannya kemarin pada hari Kamis, 01 Desember 2016. Perayaan Natal Keluarga Besar SMPN 1 Batang Kawa pada hari ini memang sedikit berbeda. Selain karena mengundang pengkhotbah dari luar desa Kinipan, yakni Pdt. Franedi, S.Th (Dari Resort GKE Delang), juga di dalamnya ada Pementasan Drama Natal dengan Audio Dubbing, yang dilakoni/dipersembahkan oleh para siswa (i) SMPN 1 Batang Kawa Tahun 2016 (Sutradara: Samuel Rudi Desfortin; Audio Editor: Andreas Bayu Wicaksono, S.Pd).

Berikut adalah liputan singkat tentang acara perayaan natal keluarga besar SMPN 1 Batang Kawa Tahun 2016, yang dilaksanakan pada hari ini Jumat, 02 Desember 2016 di Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Kab. Lamandau-Kalteng.

kinipan-mendung

Cuaca Desa Kinipan pada pagi hari tadi memang agak mendung lantaran tadi malam baru selesai diguyur hujan, sehingga agaknya untuk wilayah Batang Kawa, biasalah, pastinya jalannya licin alias becek bila musim penghujan seperti ini. Betapa tidak, rombongan atau undangan yang datang dari luar desa Kinipan harus dengan perjuangan luar biasa untuk sampai ke desa Kinipan, karena jalan yang mereka tempuh dari Desa Benakitan menuju ke Desa Kinipan masih belum DIASPAL, pastilah sangat becek dan licin.

Namun demikian, walaupun dengan susah payah mereka berjuang, akhirnya mereka tetap sampai juga ke desa Kinipan dengan selamat, sehingga dapat mengikuti rangkaian acara natal di SMPN 1 Batang Kawa pada hari ini.

img_8524
Dari Kiri ke kanan (Bpk. Mathias Wilson, dr. Marjoni, Pdt. Franedi, S.Th, Bpk. Leman, Bpk. Rudi, Vik. Stevanus Ocking)

Perayan Natal di SMPN 1 Batang kawa pada tahun ini dirayakan dengan cukup meriah. Diperkirakan peserta yang hadir dalam acara ini adalah lebih dari 150 orang (termasuk anak-anak). Selain dihadiri oleh para pimpinan institusi di wilayah desa kinipan, juga dihadiri oleh para undangan dari luar desa Kinipan. Pengalaman yang luar biasa nampaknya dialami oleh rombongan Kepala SMPN 2 Batang Kawa, bu Roci, S.Pd beserta Pdt. Esau Simon Teurupun, S.Th. Dengan susah payah mereka harus melawan medan jalan yang cukup berat.

Sungguh suatu sukacita yang besar mereka bisa hadir dan bergabung dalam acara natal hari ini. Terimakasih bu Roci (Kepala SMPN 2 Batang Kawa), pak Esau dan pak Angger serta para siswanya yang sudah hadir. Mungkin nanti pas giliran natal kalian, kami harus pay back (bayar balik). Salut untuk kalian semua yang sudah datang. Terima kasih pula buat persembahan puji-pujiannya tadi. LUAR BIASA!!

img_8754
Bu Roci saat menyerahkan door prize kepada yang beruntung

Acara Natal Keluarga besar SMPN 1 Batang Kawa tadi pagi dimulai, kalau menurut jadwal semula, adalah pukul 08.30 Wib, tetapi harus molor setengah jam lantaran masih menanti kehadiran Bpk. Pdt. Franedi, S.Th dari Kecamatan Delang yang juga harus berjuang melawan medan Batang Kawa yang lumayan “hebat” tadi dan juga undangan lainnya. Tepat pada pukul 09.00 wib acara baru dimulai. Acara dimulai dengan Pembukaan oleh MC, Ibadah Natal oleh Liturgos, lalu dilanjutkan dengan Laporan dan Sambutan-sambutan dan tentunya diakhiri dengan acara perayaan.

Ibadah Natal dapat berlangsung dengan lancar dan hikmat. Liturgi dipimpin oleh salah seorang siswi SMPN 1 Batang Kawa bernama Yusiala Lala Kartika (Siswi Kelas VII), MC oleh Novi dan Hisa (Siswi Kelas VIII). Dalam ibadah tersebut diisi pula dengan berbagai kidung rohani / kidung natal yang menambah semangat dan suasana natal, juga diisi oleh beberapa penampilan dan persembahan puji-pujian, baik dari para siswa (i) SMPN  1 Batang Kawa, para guru/pegawai SMPN 1 Batang Kawa, maupun juga dimeriahkan oleh penampilan dan persembahan puji-pujian dari siswa (i) SMPN  2 Batang Kawa, Siswa (i) SMAN 1 Batang Kawa, siswa SDN Kinipan, dan lain-lain.

img_8746

Semua peserta yang hadir tadi dapat mengikuti ibadah natal hari ini dengan cukup lancar dan hikmat. Mereka juga mendapat siraman rohani melalui renungan natal hari ini. Dalam khotbah/renungan natalnya, Pdt. Franedi STh menyampaikan tentang makna natal yang sesungguhnya. Beliau mengatakan bahwa Natal jangan hanya dimaknai sebatas dekorasi yang megah, subtema yang bagus, hadiah (door prize) yang bagus, hadirin yang banyak dan konsumsi yang wah saja, namun harus lebih daripada itu, harus kembali kepada makna Natal itu sendiri, yakni kelahiran Kristus. Jika kristus tidak pernah lahir, maka tentu orang Kristen tidak ada. Natal adalah memberitakan Kristus. Beliau lebih lanjut menekankan dalam khotbahnya bahwa Natal itu harus mempengaruhi seluruh aspek hidup kita.

IMG_8580.JPG

Dalam khotbahnya juga Pdt. Franedi, S.Th menyinggung tentang wajah pendidikan di Indonesia saat ini. Beliau mengatakan dengan mengutip salah satu pendapat ahli bahwa sampai saat ini masih ada guru yang masih bermental abad 19, sedangkan siswanya sudah bermental abad 20/21 (Ini kaitannya dengan penguasaan IT). Hal ini tentu harus dicermati dan direfleksikan oleh para guru dan insan pendidik semua.

Kemajuan teknologi saat ini tak dapat kita bendung dan pungkiri lagi. Namun demikian beliau juga berpesan agar kemajuan teknologi  dan informasi saat ini harus disikapi dengan baik dan bijaksana oleh semua pihak. Gunakankanlah teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat, bukan untuk hal-hal yang merusak, dan peran orang tua sangat penting untuk mengawasi/mengontrol keberadaan anak-anak mereka yang saat ini terpapar oleh akses teknologi informasi (internet).

img_8639

Kemudian, menurut Bpk. Rudi, S.Pd (Plt. Kepala SMPN 1 Batang Kawa saat ini), Perayaan Natal di SMPN 1 Batang Kawa pada tahun ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari sejak awal tahun 2016 yang lalu. Kepala Sekolah dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun 2016 ini, mereka ingin berusaha untuk kembali merayakan natal seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Dan tahun 2016 ini merupakan Natal ketiga sejak Bpk. Rudi, S.Pd dipercayakan menjadi pimpinan di sekolah ini (sejak 2014). Dalam momen ini, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan perayaan natal ini.

Selanjutnya, untuk Tema Natal Keluarga Besar SMPN 1 Batang Kawa tahun 2016 ini, adalah mengikuti Tema yang dibuat oleh PGI dan KWI, yakni: “Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud.” (Lukas 2:11), dan sebagai Sub Tema adalah “Melalui momen Natal, kita tingkatkan semangat dan etos kerja demi pendidikan yang lebih baik di SMPN 1 Batang Kawa”.

IMG_8623.JPG
Ketua Panitia (Liki) sedang menyampaikan Laporan Panitia

Dari Tema kita bisa membaca tentang proklamasi natal pertama oleh para gembala di padang Efrata, yakni kelahiran sang Juru Selamat, Yesus Kristus. Sebuah Kelahiran yang ajaib yang telah mengubah sejarah dunia. Karena Kristuslah maka dunia masih ada pengharapan. Pengharapan akan jaminan keselamatan dan hidup yang kekal.

Selanjutnya di dalam Sub Tema terkandung makna tentang sebuah harapan pula, yakni pengharapan akan pendidikan yang lebih baik dan lebih baik lagi, khususnya bagi sekolah ini. Pada tanggal 25 November 2016 yang lalu kita sudah merayakan HUT PGRI ke-71/HGN ke-23 Tahun 2016. Melalui momen Hari Guru tentu penekanannya adalah pada guru dan pendidikan. Pendidikan akan lebih baik dan maju apabila orang-orang yang ada di dalamnya sungguh berkomitmen dan memiliki etos kerja yang baik.

Etos kerja yang baik tentu didadasari oleh semangat dan keyakinan yang kuat untuk mewujudkan wajah pendidikan yang lebih baik dan lebih bermutu. Etos kerja kristiani juga didasari oleh etika kristiani. Lebih lanjut Kepala Sekolah menyampaikan dalam sambutannya bahwa ketika orang Kristen meyakini kitab sucinya sebagai standar etika dan pedoman hidupnya, maka pasti etos kerjanya juga baik.

Dalam kata etos kerja tentu mengandung pesan dan makna yang mendalam. Meskipun terdengar gampang untuk diucapkan, namun untuk mewujudkannya dibutuhkan kerja keras, kerelaan, dan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Karena itu melalui momen natal ini, tentu mengajak kepada semua pihak dan komponen di sekolah, baik para guru, para tenaga kependidikan, para siswa dan komponen terkait lainnya, agar terus meningkatkan semangat dan etos kerja.

IMG_8659.JPG

Dalam Natal Keluarga Besar SMPN 1 Batang Kawa tadi siang pula, di bagian akhir acara, telah ditampilkan sebuah pementasan Drama Natal dari para siswa (i) SMPN 1 Batang Kawa (Kelas VII s/d Kelas IX). Drama ini memang fiktif belaka, tetapi dalam drama ini mengandung pesan dan makna rohani yang dalam yang mestinya kita refleksikan bersama, baik tentang semangat yang pantang menyerah dalam mencapai suatu tujuan maupun tentang etos kerja dalam mengerjakan segala sesuatu. Drama ini sengaja dikemas dengan cara yang ringan dan jenaka untuk mereview beberapa trend dan peristiwa yang terjadi di sepanjang tahun 2016 ini. Drama Natal ini tentunya menambah refleksi / perenungan bagi semua peserta/undangan yang hadir.

Acarapun berakhir sekitar pukul 12.45 Wib dengan menikmati jamuan natal yang sudah disiapkan panitia, yakni makan siang bersama.

Demikian liputan singkat acara Natal Keluarga besar SMPN 1 Batang Kawa Tahun 2016.

Selamat Menyambut Natal Tahun 2016 bagi semua yang merayakannya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Salam Cerdas,

Desfortin

Iklan

2 thoughts on “SMPN 1 BATANG KAWA MENYAMBUT NATAL TAHUN 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s