Agar Selalu Datang “On Time”

Sumber Gambar : chimpreports.com dan jatim.antaranews.com

Hari ini Kamis, 05 Januari 2017. Bagi sebagian besar sekolah di Kalimantan Tengah, khususnya di kabupaten Lamandau, hari ini adalah hari pertama masuk sekolah untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Di hari pertama ini pula biasanya ada SIDAK (Inspeksi Mendadak) ke sekolah-sekolah oleh pengawas dan atau pejabat tertentu di lingkup dinas pendidikan.Dan hari ini ada 1 orang pengawas dari UPS/PLS yang datang ke sekolah kami untuk memantau kehadiran guru/pegawai (apakah itu namanya SIDAK atau bukan, yang pasti hanya ada 1 orang pengawas yang berkunjung tadi pagi, hehe …).

Saya sendiri sudah menyiapkan diri di hari sebelumnya bahwa saya harus hadir lebih awal pada hari pertama ini. Bukan karena alasan SIDAK. Bukan pula karena ingin “pujian.” Saya hanya berjanji pada diri saya sendiri bahwa di awal tahun ini saya harus lebih bersemangat dan lebih baik lagi dalam bekerja sebagai seorang pendidik. Ini juga untuk memenuhi Subtema Natal sekolah kami di tahun 2016 yang lalu.

Selain itu, saya juga sudah mengingatkan teman-teman atau kolega saya agar tidak ada yang menambah libur, kecuali memang ada urusan atau keperluan yang mendesak yang mustahil ditinggalkan. Dan tentu itupun harus ada pemberitahuan sebelumnya. Syukurlah pada hari ini mayoritas guru dan pegawai di sekolah dapat masuk kerja. Hanya 2 (dua) orang guru saja yang tidak dapat hadir lantaran ada urusan keluarga yang masih bisa dimaklumi.

Namun demikian, urusan datang tepat waktu (on time) ke tempat kerja (sekolah) ternyata bukanlah perkara yang mudah dan instan. Ini kerap terjadi di banyak tempat. Mungkin itu juga terjadi di sekolah Anda, di tempat kerja Anda, di kantor instansi lainnya ataupun di kantor perusahaan Anda.

Mengapa Anda susah datang tepat waktu (on time)? Mengapa setelah diingatkan, Anda masih saja datang “telat” (apapun alasannya) dan Anda tidak mengindahkannya? Jawaban yang realistis adalah karena datang terlambat sudah menjadi kebiasaan sehingga butuh waktu untuk mengubahnya, bukan begitu?

Nah, jika Anda selama ini selalu datang terlambat alias selalu ”ngaret” ke tempat kerja, baik itu ke sekolah, menghadiri rapat, janji bertemu atau agenda lainnya, saya punya tips untuk mengatasinya. Jadi, teruslah membaca!

1.    Miliki Niat dan Komiten Untuk Datang Lebih Awal (Have an intention and commitment to come earlier)
Hal pertama tentunya niat dan komitmen. Percuma Anda mengatur alarm clock (weker) untuk datang tepat waktu, tapi Anda tak punya niat dan komitmen untuk berubah, yakni datang tepat waktu. Niat dan komitmen untuk datang lebih awal adalah indikasi positif bahwa Anda ingin lebih baik dalam bekerja. Ini juga indikasi bahwa Anda ingin meningkatkan semangat dan etos kerja.

Meningkatkan semangat dan etos kerja dimanapun Anda bekerja sangat disukai atasan Anda. Jadi tanamkan dalam diri Anda bahwa datang lebih awal (on time) itu adalah hal yang wajib namun menyenangkan, baik untuk diri Anda sendiri maupun bagi orang lain, terutama atasan atau pimpinan Anda, agar mereka memiliki kesan yang positif tentang Anda.

2.    Hormati Orang Lain (Respect Others)
Hal kedua adalah Anda harus memiliki pemahaman bahwa datang lebih awal adalah salah satu rasa hormat Anda kepada orang lain, baik kepada atasan, bawahan, kolega ataupun klien Anda. Terlambat itu adalah kebiasaan yang buruk yang harus ditinggalkan. Datang terlambat juga bukan ciri pegawai/karyawan yang baik dan sukses. Bagi guru/pendidik, hal datang terlambat bukanlah teladan yang baik bagi para siswa. Ini jika Anda ingin dihormati anak didik atau siswa Anda. Anda ingin dihormati, bukan?

Jadi, tanamkan di benak Anda bahwa datang tepat waktu itu berarti Anda menghormati orang lain. Dengan memiliki pemahaman seperti ini, maka Anda akan bergerak lebih cepat daripada biasanya. Dan yakinlah orang-orang akan hormat dan salut pada Anda (at least di dalam hati orang yang melihat Anda).

3.    Persiapkan Hal-hal yang Diperlukan Sebelum Berangkat (Prepare all the things needed before taking leave)
Selanjutnya, hal ketiga yang membuat orang sering terlambat atau tidak bisa on time ke tempat kerja adalah karena sebelum berangkat masih sibuk mempersiapkan barang/kelengkapan yang diperlukan saat itu. Ada kalanya Anda perlu cepat, tapi barang yang diperlukan itu sulit Anda dapatkan dengan segera. Kadang hal ini bisa membuat Anda kesal sendiri.

Jika Anda mengalami hal tersebut, kini saatnya Anda berubah. Karena ini adalah kebiasaan yang kurang baik. Saya sendiri sebelum berangkat ke sekolah esoknya, maka apa yang saya butuhkan esoknya itu sudah harus saya persiapkan pada malam harinya. Misalnya, pakaian seragam / pakaian dinas yang akan saya pakai esoknya. Biasanya sudah saya/istri siapkan dan digantung di hanger, sehingga esoknya saya tidak sibuk lagi mencari-carinya.

Begitu juga alat-alat pendukung lainnya yang Anda perlukan setiap harinya. Misalnya, ketika Anda hendak berangkat kerja, ban motor atau kendaraan Anda kempes. Jika hal itu terjadi pasti sangat tidak mengenakkan, bukan? Karena itu memeriksa kondisi kendaraan Anda sesaat setelah Anda bangun pagi itu perlu sekali. Inilah salah satu manfaat bangun pagi.

Dalam hal rapat atau pertemuan, siapkan peralatan yang Anda perlukan (seperti materi rapat, laporan, laptop, dll) sehari atau dua hari sebelumnya. Kenapa harus demikian? Karena hal ini, bila saja ada peralatan yang belum siap, akan memberi Anda waktu yang cukup.

4.    Buat Pengingat atau Alarm (Set a reminder or an alarm)
Hal  keempat adalah membuat pengingat (reminder) atau alarm. Ini adalah cara lain agar Anda dapat datang on time. Dengan membuat reminder atau alarm, baik di ponsel atau di smartphone Anda, maka itu akan sangat membantu Anda untuk mengingatkan Anda tentang jadwal dan agenda yang telah Anda rancang. Setting (atur) reminder atau alarm Anda beberapa waktu sebelum Anda berangkat atau sebelum agenda Anda dimulai.

Saya sering melakukan hal ini ketika saya memiliki jadwal yang sangat banyak dan padat. Kadang sulit untuk mengingat semua agenda, sehingga membuat reminder dan alarm menjadi pilihan yang tepat.

5.    Bangun Pagi Lebih Awal (Wake up Earlier in the morning)
Kalau jam masuk kerjanya adalah pagi hari (seperti sekolah atau kantor dinas), maka jangan biasakan bangun terlambat di pagi hari. Untuk bisa bangun lebih pagi, salah satu rahasianya adalah tidur yang cukup. Artinya, jangan sering tidur larut malam alias jangan sering begadang di malam harinya (kecuali ada hal yang memang harus dikerjakan dan mendesak). Seperti kata lagu Rhoma Irama “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.”

Dengan tidur yang cukup, maka badanpun akan terasa segar saat bangun di pagi hari. Bangun pagi punya banyak manfaat. Anda bisa membacanya DISINI. Karenanya, hal kelima untuk bisa on time, biasakan agar selalu bangun lebih awal di pagi hari.

6.    Perhitungkan Waktu dan Jarak Tempuh (Count  your travel time and the mileage)
Hal keenam adalah memperhitungkan waktu dan jarak tempuh. Jangan remehkan hal ini. Apalagi tempat kerja Anda cukup jauh dari rumah Anda. Anda harus menghitungnya dengan cermat agar tidak datang terlambat. Malu dong, terlambat terus.

Meskipun Anda berangkat menggunakan sepeda motor atau kendaraan lainnya (mobil pribadi atau transportasi umum), waktu dan jarak tempuhnya tetap harus Anda perhitungkan. Apalagi kalau Anda tinggal di kota besar dimana masalah kemacetan menjadi keseharian.

Jika agenda Anda berkaitan dengan rapat atau pertemuan di luar kantor, dan Anda masih belum tahu dimana lokasinya, Anda dapat mencarinya di google map. Lalu perhitungkan waktu tempuh untuk mencapai tempat atau lokasi pertemuan tersebut. Selain itu, akan lebih baik karena informasinya jauh lebih akurat, bila Anda meminta informasi waktu tempuh kepada orang yang mengundang Anda.

Semoga dengan Anda mengetahui waktu dan jarak tempuh, Anda bisa datang tepat waktu (on time) sehingga tidak mengecewakan orang yang mengundang Anda atapun atasan Anda.

Terakhir

Membina diri itu harus dimulai dari hati. Begitu pula keinginan untuk berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi sesungguhnya juga dimulai dari hati, dan dimulai dari diri sendiri dulu. Bukan dari orang lain. Memang itu tidak gampang. Tapi langkah kongkritnya adalah Anda harus memulainya. Jangan menunggu orang lain!

Ingat, orang yang hidup secara teratur atau disiplin biasanya dekat dengan kesuksesan. Datang tepat waktu (on time) adalah salah satu perilaku kerja yang disiplin. Ini harus dimiliki oleh setiap pegawai/karyawan bahkan setiap orang jika ingin sukses.

Sekali lagi, kebiasaan datang tepat waktu akan membantu Anda lebih sukses, misalnya reputasi baik, Anda akan lebih dihormati orang atau siswa Anda (kalau Anda guru), Anda mendapatkan klien baru (kalau Anda karyawan perusahaan atau karyawan lainnya), dan Anda akan merasa lebih tenang.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan satu atau lebih dari enam cara di atas yang sudah saya bagikan. Semoga itu bermanfaat bagi kita semua.

Bagaimana menurut Anda? Apa yang membuat orang sering terlambat atau tidak bisa datang on time, dan bagaimana mengatasinya? Mungkin Anda punya tips lain atau tambahan sehubungan dengan topik ini? Jangan ragu untuk membagikannya di kotak komentar yang tersedia di bawah ini.

Salam Cerdas,

Desfortin

Iklan

12 thoughts on “Agar Selalu Datang “On Time”

  1. Klo menurut saya hambatannya adalah prilaku kelompok. Jika dilingkungan kita dipenuhi orang yg suka telat, sebenarnya itu cukup berpengaruh terhadap mental kita. Dan berjuang sendirian menjadi lebih sulit.

    Sayangnya itu hanya opini. Kebetulan di tempat kerja saya sebelumnya (sebelum mulai berdagang buah), peraturannya lumayan ketat dan semua orang datang ontime. Otomatis malu sendiri klo datang telat he he he……

    Jadi lingkungan mas yg bisa membuat kita datang ontime. Harus terjadi kesepakatan bersama. Klo mayoritas masih telat, biasanya lama2 kita juga ikut telat.

    Suka

    1. Oke terima kasih untuk tambahan alasannya, mas Shiq4. Saya setuju dengan Anda.

      Seperti kata Alkitab juga, “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik”

      Tapi gimana mas, kalau udah diingatkan dan disepakati bersama, tapi tetap saja telat? Kadang mau buat punishment, gak tegaan juga, soalnya pada orang tua semua. Apalagi di sekolah negeri.

      Beda kasusnya mungkin kalau di perusahaan swasta. Membangkang, bisa langsung dipecat saja

      Disukai oleh 1 orang

      1. Wah saya kurang tahu mas. dulu waktu saya OJT di puslitbang pegawainya juga kurang disiplin. Dan saya juga ikut tidak disiplin juga.

        Maaf yg kayak gini belum pernah baca atau punya pengalaman langsung.

        Suka

    1. Terima kasih atas apresiasinya, pak. Tulisan ini saya pos karena terinspirasi oleh pengalaman ril di lapangan.

      Oke. Mari kita semua sama-sama mengaplikasikannya. Saya menulis untuk berbagi, tapi semua yang saya tulis, itu juga untuk saya sendiri.

      Semangat ngeblog, pak. Senang ketemu di sini

      Suka

    1. Waduh, mas Jaja. Kalau pakai disetrum segala mah, emang aki apa? Haha..

      Anda benar. Yang diperlukan memang ketegasan. Dan itu cukup beresiko. Karena itu, sayapun terus berupaya ni untuk melakukannya.

      Orang datang telat itu memang bukan tanpa sebab. Tapi terlalu banyak excuse juga gak baik. Biasanya kalau orang memang suka disiplin, jauh lebih mudah untuk berubah.

      Terima kasih atas masukannya, mas Jaja.

      Suka

      1. Apa kabar hari ini, mas Desfortin?
        Apakah sekarang sudah semakin baik? Selamat menikmati jadi pemimpin ya.
        Pemimpin yang baik itu selalu dikelilingi oleh banyak tantangan, ya gak?
        Good luck!

        Suka

        1. Baik, mas. Cuma berat badan aja gak turun2, he he..

          Masih terus berjuang mas menghadapi segala tantangan yang ada. Jadi, pemimpin memang kudu sabar dan harus selalu cari cara kreatif dan inovatif atas banyak hal.

          Thanks ya. Semoga kamu juga selalu baik2 aja menjalani hari2nya.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s