Membaca Menurut Saya

Sumber Gambar: goodnet.org

You are what you read. Anda adalah apa yang Anda baca. Itulah salah satu ungkapan yang kerap dikaitkan dengan membaca. Buku atau tulisan apa yang Anda baca itu akan mempengaruhi Anda, termasuk cara Anda berbahasa atau bersudut pandang.

Membaca adalah satu dari 4 kompetensi bahasa yang selalu diajarkan sejak Sekolah Dasar, yakni mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Artinya, membaca itu sudah biasa kita lakukan. Bukan hal asing sebenarnya.

Setiap hari kitapun membaca. Baca sms, baca status di medsos, baca tulisan plang nama, bahkan baca hal yang remeh temeh, dst.

Betul. Hanya saja membaca yang saya maksudkan disini bukan membaca biasa, tapi membaca untuk menggali dan memperoleh berbagai informasi tertulis, data, dan ilmu pengetahuan. Misalnya membaca buku, koran, majalah, novel, jurnal, artikel blog, dll.

Di era kecanggihan teknologi saat ini sebenarnya tidak ada alasan bagi orang untuk malas membaca, sebab semuanya sudah tersedia. Buku elektronik (ebook), berita online, bahkan Perpustakaan Online pun sudah ada dan bisa diakses.

Mengapa kita perlu membaca? Seberapa pentingkah membaca itu? Dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan melalui membaca?

Bagi saya membaca itu sangat penting. Dengan membaca ada banyak manfaat yang kita dapatkan. Saya pikir Andapun tidak menyangkalnya.

Manfaat Membaca

Sudah banyak yang membahas tentang membaca dan manfaatnya. Mungkin tulisan-tulisan Shiq4 tentang membaca berikut ini, bagus untuk kita baca:

Mengapa Membaca? Ini Versi Saya

8 Cara Membangun Kebiasaan Membaca

10 Alasan Mengapa Membaca Adalah Hobi Terbaik

Jadi, ide tulisan saya ini memang bukan ide baru. Just a little additional thought.

Dan menurut saya, setidaknya ada 3 manfaat membaca, yakni:

1. Melawan Lupa

Otak manusia tidak mengetahui semua hal, juga terbatas dalam hal mengingat, khususnya masa lalu (sejarah). Banyak peristiwa sejarah yang kita tidak tahu atau (mungkin) saja lupakan. 

Dengan cara membaca, saya yakin peristiwa sejarah tersebut bisa kita ketahui dan tentunya kita akan diingatkan kembali.

2. Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan

Dunia yang begitu luas dengan seabrek pengetahuannya mungkin saja tertutup bagi kita. Pengetahuan-pengetahuan tersebut tidak akan datang kepada kita dengan sendirinya tanpa dicari (dibuka). 

Padahal pengetahuan itu mungkin (sangat) penting bagi kita. Dan membaca adalah kunci untuk membukanya atau memperolehnya.

3. Senjata Terbaik Jika Ingin Menulis

Tidak semua orang hobi atau mampu menulis. Maksud saya menulis yang benar-benar menulis. Sebagian (kebanyakan) orang lebih memilih mendengar, ngobrol, dan nonton (melihat) ketimbang menulis. Tidak perlu dipaksa memang. Mendengar,  ngobrol atau berbicara dan menonton juga perlu.

Tapi menurut saya, orang yang suka dan mampu menulis, biasanya selangkah lebih maju (siapapun Anda yang suka dan mampu menulis). Dan mohon maaf, saya selalu punya nilai plus untuk mereka yang suka menulis. Karena orang yang mampu menulis, pasti suka membaca. Dan adalah suatu kenyataan bahwa tidak ada penulis hebat yang tidak suka membaca. Karena membaca adalah senjata terbaik penulis.

Membaca Itu Penting dan Perlu Dibudayakan

Karena membaca itu begitu penting, maka orang yang telah menyadarinya akan terus membaca. Mereka yang rajin membaca tentunya akan memiliki pengetahuan yang lebih ketimbang mereka yang tidak.

Jika ada yang mengaku rajin membaca tapi pengetahuannya tidak berkembang, maka itu hanya membuktikan satu hal, bahwa dia sedang berbohong. Sebab, yang suka dan rajin membaca pasti pengetahuannya bertambah.

Karena itulah, orang-orang di negara maju selalu erat dengan membaca. Bagi mereka hampir tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Anda tidak heran jika melihat ada orang asing yang tampak asyik membaca buku saat berada di kereta api, di pesawat, di Bandara dan di tempat umum lainnya ketika mereka dalam suatu perjalanan (traveling). Karena mereka sadar akan betapa pentingnya membaca itu.

Selain you are what you read, membaca juga adalah cara cerdas untuk pintar. Dan semakin dini orang terpapar dengan bacaan, maka akan semakin baik.

Bila anak Anda suka membaca, berikan dukungan kepadanya, karena membaca itu sangat penting. Tak boleh diabaikan.

Oleh sebab itulah, maka saya sendiri suka membaca. Setiap hari saya melakukannya. Setidaknya membaca artikel berita, membaca e-book dan membaca artikel blog.

Demikian membaca menurut saya. Bagaimana menurut Anda? Apa alasan Anda membaca? Blog ini akan diperkaya lagi dengan berbagai perspektif melalui tanggapan Anda di kotak komentar yang disediakan. 

Salam Cerdas,

Desfortin

12 tanggapan untuk “Membaca Menurut Saya

  1. Saya lebih rajin baca tulisan” di blog dan suka baca” koran, untuk e-book dsb.. saya blm tertarik, soalnya klo lama didpn elektronik minus (mata) ku nambah trs lah, hahaha..

    Suka

    1. Bukannya di blog juga cahaya sama dg yg di e-book kan pakai smartphone juga.
      Tinggal redupkan aja cahayanya, heeee…

      Iya juga sih Klo koran gak beresiko, tapi aku agak mlas, bukanya bolak balik gak praktis…

      Anyway, baca yg disukai aja, yg pnting ada yg dibaca drpda gak ada sama sekali, ya kan?

      Disukai oleh 1 orang

  2. Hahaha oh iyaya :v tpi klo e-book kelihatannya lbh berat drpd blog atau aku anggap e-article aja deh, bacanya kan bentar” doang kan iya :v

    Iya mas desfortin, setuju.. seneng membaca menurutku tmbh pengetahuan dari org” yg berbeda, nambah kritis.. hehe

    Disukai oleh 1 orang

  3. Wah makasih mas desfortin tulisan-tulisan saya direkomendasikan.

    Sebenarnya banyak sih alasan membaca. Tapi yg utama karena sejak kecil dulu saya tidak punya hiburan lain selain membaca. Kemudian rutin membaca cuma saya tidak menyadarinya seolah membaca itu kegiatan semua orang di zaman sekarang.

    Baru setelah ngeblog saya lebih sering membaca. Bahkan klo nemu artikel bagus, maka saya menerjemahkannya dan mengoleksinya di blog.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ya mas. Tulisan2 Anda emang layak untuk direkomendasikan selalu.

      Kalau saya waktu kecil, hiburan saya maen terus. Mkanya pas besar jadi ga suka game, wkwk…

      Betul sekali. Gara2 ngeblog dan merenungkan “petuah2” Anda, saya jadi semakin rajin dan semangat membaca. Tulisan lain tapi masih dengan tema ini masih ada 1 lagi yg bakal dirilis.

      Suka

Tinggalkan Balasan

