Curhatan Konyol dan Lebay Tentang Cicak

Cicak, Mitos Cicak, Phobia Cicak, Heran pada cicak
Manusia Cicak dari India

Sumber Gambar : kiosdomino.com

Semenjak aku dewasa, aku punya perasaan aneh pada binatang satu ini. Entahlah, mungkin karena aku sering mendengar cerita atau mitos buruk tentang binatang ini sehingga tercekoki. Atau, karena penyebab lain yang belum (tidak) aku sadari.

Ya, aku merasa agak bermasalah dengan cicak (lizard). Walau binatang reptil ini ukurannya kecil, tapi cukup membuatku risih. Sebenarnya aku tidak takut melihat cicak, tapi geli dan ada ‘perasaan lain’ yang sulit aku tepis. Aku rasa ini bukan phobia. Sebab bila phobia maka ketakutannya berlebihan.

Aku merasa aneh begitu saja pada cicak bukan karena ada orang yang menakut-nakutiku. Seingatku, aku juga tidak pernah punya masa lalu yang traumatis terhadap binatang satu ini. Tapi mungkin hal-hal berikut ini aku anggap sebagai pemicunya.

Cicak Itu Bikin Geli

Intinya kalau sudah melihat cicak di di plafon, apalagi bila posisinya tepat berada di atasku yang sedang tiduran atau rebahan, aku risih. Aku tidak bakalan merasa tenang sebelum diriku atau cicak itu menjauh, atau sebelum aku membasminya menggunakan benda apa saja yang ada di sekitarku saat itu.

Sekali lagi, sebenarnya aku tidak heran ataupun takut melihat cicak, tapi aku begitu geli ketika tersentuh atau menyentuhnya (ya iya lah). Tubuhnya yang lembut dan tampak elastis itu membuatku merasa geli dan merinding.

Anehnya perasaan ini timbul ketika aku sudah dewasa dan berumur lebih dari 30 tahun. Waktu masih anak-anak, remaja dan menjelang masa awal pemuda, sungguh aku tidak pernah merasakan pengalaman ini.

Mitos Buruk Cicak

Konon, cicak itu salah satu hewan yang bermitos aneh dan “jahil”. Alkisah, dalam keyakinan tertentu ia pernah dikutuk sebagai hewan yang sialan karena tidak bisa bekerja sama dengan baik (membocorkan rahasia persembuyian). Kok bisa ya?

Sebagai hewan yang dianggap pembawa sial, ia memang sialan. Aku pernah beberapa kali dijatuhi kotoran cicak. Pernah juga aku ketiban cicak ketika sedang santai dan rebahan di tempat tidur. Selain itu jorok dan membuatku kaget, tentu itu sangat menyebalkan.

Dan bilang ibuku kalau orang dijatuhi kotoran cicak, apalagi badan cicak, maka itu pertanda buruk. Apa itu suatu kebetulan atau memang benar, atau terlalu dikait-kaitkan, tapi aku merasa heran, sebab pasca kejadian itu ada beberapa kejadian buruk yang memang aku alami.

Terdengar konyol, lebay dan tak masuk akal memang. Bahkan juga terkesan omong kosong dan tidak beriman sama sekali. Hhmm …mungkin saja imanku lagi terkikis kali ya. Tapi jujur, aku sudah berusaha menepisnya, hanya saja sampai saat ini aku masih terus bergumul. Aku tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi.

Mungkinkah yang aku alami ini terlihat buruk? Aku tidak tahu. Tapi yang pasti itu tidak mempengaruhi hari-hariku. 

Nah, begitulah kira-kira perasaan anehku pada binatang yang namanya cicak ini. Ada satu yang sebenarnya mengganjal, kadang aku juga ragu, apa ini perasaan aneh tak jelas, atau ini semi phobia, atau aku telah termakan mitos?

Bagaimana pengalaman kawan-kawan? Kalian punya saran untukku, agar mengatasi hal ini? Komentar kalian niscaya akan sangat berguna. Terimakasih.

Salam,

Desfortin

Iklan

21 thoughts on “Curhatan Konyol dan Lebay Tentang Cicak

    1. Saya klo ngeliat cicak gak
      geli cuma klo tersentuh aja.

      Mungkin krn prnah ketiban, jadinya saya was2, mas. Sbnarnya scra ilmiah ad penjelasannya ttg lngket tidaknya ia pd langit2 rumah.

      Mas Firman punya pnglman gak ketiban cicak?

      Disukai oleh 1 orang

  1. Dalam ajaran agamaku, membunuh cicak itu berpahala..tapi pada kenyataannya saat menemukan binatang ini di depan mata aku ga bisa membunuhnya karena geli 😩

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s