Curhatan Konyol dan Lebay Tentang Cicak

Cicak, Mitos Cicak, Phobia Cicak, Heran pada cicak
Manusia Cicak dari India

Sumber Gambar : kiosdomino.com

Semenjak aku dewasa, aku punya perasaan aneh pada binatang satu ini. Entahlah, mungkin karena aku sering mendengar cerita atau mitos buruk tentang binatang ini sehingga tercekoki. Atau, karena penyebab lain yang belum (tidak) aku sadari.

Ya, aku merasa agak bermasalah dengan cicak (lizard). Walau binatang reptil ini ukurannya kecil, tapi cukup membuatku risih. Sebenarnya aku tidak takut melihat cicak, tapi geli dan ada ‘perasaan lain’ yang sulit aku tepis. Aku rasa ini bukan phobia. Sebab bila phobia maka ketakutannya berlebihan.

Aku merasa aneh begitu saja pada cicak bukan karena ada orang yang menakut-nakutiku. Seingatku, aku juga tidak pernah punya masa lalu yang traumatis terhadap binatang satu ini. Tapi mungkin hal-hal berikut ini aku anggap sebagai pemicunya.

Cicak Itu Bikin Geli

Intinya kalau sudah melihat cicak di di plafon, apalagi bila posisinya tepat berada di atasku yang sedang tiduran atau rebahan, aku risih. Aku tidak bakalan merasa tenang sebelum diriku atau cicak itu menjauh, atau sebelum aku membasminya menggunakan benda apa saja yang ada di sekitarku saat itu.

Sekali lagi, sebenarnya aku tidak heran ataupun takut melihat cicak, tapi aku begitu geli ketika tersentuh atau menyentuhnya (ya iya lah). Tubuhnya yang lembut dan tampak elastis itu membuatku merasa geli dan merinding.

Anehnya perasaan ini timbul ketika aku sudah dewasa dan berumur lebih dari 30 tahun. Waktu masih anak-anak, remaja dan menjelang masa awal pemuda, sungguh aku tidak pernah merasakan pengalaman ini.

Mitos Buruk Cicak

Konon, cicak itu salah satu hewan yang bermitos aneh dan “jahil”. Alkisah, dalam keyakinan tertentu ia pernah dikutuk sebagai hewan yang sialan karena tidak bisa bekerja sama dengan baik (membocorkan rahasia persembuyian). Kok bisa ya?

Sebagai hewan yang dianggap pembawa sial, ia memang sialan. Aku pernah beberapa kali dijatuhi kotoran cicak. Pernah juga aku ketiban cicak ketika sedang santai dan rebahan di tempat tidur. Selain itu jorok dan membuatku kaget, tentu itu sangat menyebalkan.

Dan bilang ibuku kalau orang dijatuhi kotoran cicak, apalagi badan cicak, maka itu pertanda buruk. Apa itu suatu kebetulan atau memang benar, atau terlalu dikait-kaitkan, tapi aku merasa heran, sebab pasca kejadian itu ada beberapa kejadian buruk yang memang aku alami.

Terdengar konyol, lebay dan tak masuk akal memang. Bahkan juga terkesan omong kosong dan tidak beriman sama sekali. Hhmm …mungkin saja imanku lagi terkikis kali ya. Tapi jujur, aku sudah berusaha menepisnya, hanya saja sampai saat ini aku masih terus bergumul. Aku tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi.

Mungkinkah yang aku alami ini terlihat buruk? Aku tidak tahu. Tapi yang pasti itu tidak mempengaruhi hari-hariku.

Nah, begitulah kira-kira perasaan anehku pada binatang yang namanya cicak ini. Ada satu yang sebenarnya mengganjal, kadang aku juga ragu, apa ini perasaan aneh tak jelas, atau ini semi phobia, atau aku telah termakan mitos?

Bagaimana pengalaman kawan-kawan? Kalian punya saran untukku, agar mengatasi hal ini? Komentar kalian niscaya akan sangat berguna. Terimakasih.

Salam,

Desfortin

22 respons untuk ‘Curhatan Konyol dan Lebay Tentang Cicak

  1. Waduh, gambarnya bikin geli mas.

    Saya risi juga sama cicak, tapi kalau melihat cicak di dinding biasanya saya nggak apa-apain. Saya yakin cicak itu nggak akan menjatuhi saya karena pegangannya lengket.

    😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Saya klo ngeliat cicak gak
      geli cuma klo tersentuh aja.

      Mungkin krn prnah ketiban, jadinya saya was2, mas. Sbnarnya scra ilmiah ad penjelasannya ttg lngket tidaknya ia pd langit2 rumah.

      Mas Firman punya pnglman gak ketiban cicak?

      Disukai oleh 1 orang

    2. aku juga gtu.. paling geli gtu.. ngusir aja aku gk bisa.. kalo ngusir kan harus dilihat.. ntar jatuh malah tambah fatal.. ak geli banget denger dia jatuh aja. Kalo cerita pengalaman duh gk bisa deh pokoknya ada.. apalagi kalo lihat mayatnya .. badan jd
      lemes.. pas cerita ke suami klo ada itu juga lemes.. klo ada bangke ci**k aku gk jadi ngapa ngapain di ruangan itu. misal mau nyuci piring, deketnya ada bangke tu reptil, yaudah canceled dulu, nunggu suami pulang buangin wkwkw

      Suka

  2. Dalam ajaran agamaku, membunuh cicak itu berpahala..tapi pada kenyataannya saat menemukan binatang ini di depan mata aku ga bisa membunuhnya karena geli 😩

    Disukai oleh 1 orang

    1. Gak usah dibunuh Mbak, tinggal ditangkap dan dicemplungkan ke kolam ikan, biar yang membunuh sang ikan. Kita turut jadi pihak yang terlibat dlm pembunuhan itu saja 😁 *apasih?

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar