Ocehan Idiot Tentang Sorga

Sorga, Tuhan ada tidak ada bukan domain kita, dan asumsi kita tentangnya tak merubah eksistensinya

Sumber Gambar : pinterest.com

Manusia … manusia …

Engkau punya mula.

Engkau tak ujug-ujug ada.

Adamu adalah bukti adanya ada sebelum adamu.

Kau hadir untuk berespons kepada Sang Mahaada.

Dalam wahyu Sang Mahaada,

engkau dititahkan untuk beriman kepada-Nya.

Semua kaum beragama tahu itu.

Segala tindakan baik dan amal, biasanya ujungnya pada pahala di sorga.

Manusia berpengharapan pada suatu upah, yakni sorga yang mulia.

Namun satu pertanyaan idiot, atau setidaknya iseng:

Bagaimana kalau seandainya sorga itu tak pernah ada? Masihkah engkau beriman dan bertaqwa kepada-Nya?

Andai …. ya andai!

Namanya andai, jelaslah bukan nyata, sebab ada tidaknya sorga tidak bergantung pada kata andai atau asumsi semata.

Andai saja … itulah ocehannya.

Iklan

12 thoughts on “Ocehan Idiot Tentang Sorga

  1. Ya harus tetap percaya mas desfortin. Kadang2 saya mikirnya apa iya boleh kita berbuat sesuatu tapi mengharapkan balasan Tuhan?

    Pada kondisi tdrtentu saya percaya sih apapun kebaikan kita akan dibalas Tuhan sehingga meskipun disakiti orang lain saya tetap akan berbuat baik. Cuma mikirnya apa yg dikatakan Tuhan ya melihat saya yg tidak iklas mengerjakan kebaikan atas perintahnya, tapi hanya karena berharap kebaikannya?

    Suka

    1. Saya sih bkn meragukan sorga. Mksud sya org brbuat baik kok krn upah ya. Kan ksannya gak tulus. Pdhal dlm tataran umun tertentu hrusnya berbuat baik itu krn emang baik bkn krn apapun yg lainnya, aplgi sorga.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Nah klo mungkin sy jg ga tahu, soalnya blm prnah ke sorga. Tapi dlm wahyu kitab suci, sorga itu suatu tempat bkn cuma kondisi atau keadaan, namun tmpatnya gmna itu ttp misteri. Dan saat ini bkn itu mksud sya.

      Mksud sya, berbuatlah baik krn berbuat baik itu baik.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Seandainya surga dan neraka tidak ada, saya tidak bisa bayangkan seperti apa keadaan dunia ini, pastilah sangan amat kacau balau kuadrat. Sedangkan sebagaian besar manusia mengimani keberadaan hari akhir dan keberadaan surga saja masih sering terjadi kekacauan.

    Suka

    1. Klo gak ada sorga atau neraka mah mungkin gak bgni kali ya. Dan urusan kacau tidaknya keadaan dunia sih secara realitas krn ulah manusia itu sndri.

      Poin saya adalah, saat beramal lkukanlah atas dsar nilai2 cinta kasih yg brlku scra universal bkn krn menghrap upah atau sorga. Sorga akan diberikan sesuai kedaulatan Tuhan. Itu sih nurut saya.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Nah ini kadang masih jadi pergumulan juga kak Des untuk didi pribadi. Sama seperti ditanya setelah mati kita akan kemana? Apakah roh kita akan ke neraka, ke surga atau malah terlahir menjadi manusia kembali? Atau malah ah entahlah yang jelas didi menjalani saja apa yang ada didepan mata tanpa berfikir kalau begini akankah menentang kesorgaan? 😀

    Suka

    1. Kalau teliti bacanya, sebenarnya saya tdk meragukan sorga, yg saya maksudkan adalah sebuah kritik bagi tujuan sbagian org dlm berbuat baik. Sebab, bnyak org berbuat baik demi sorga atau pahala. Menurut saya, motivasi demikian keliru. Coba misalkan sorga (pahala) tidk ada, apakah org msh mau berbuat baik (ini bagi yg ngaku beragama loh)?

      Anda mau tahu, knp sya berbuat baik? Saya berbuat baik bkn karena sorga (pahala), tapi karena berbuat baik itu adalah BAIK. Karena masuk sorga tdk nya itu bukan karena perbuatan baik, tapi karena anugerah Pencipta. Nah, krn anugerah itulah mka manusia bisa berbuat baik. Jadi, perbuatan baik pun adalah anugerah, sehingga manusia tak boleh jumawa dg segala kebaikan yg ada padanya. Begitu keyakinanku (bkn agamaku) mengatakannya. That’s my point.

      Suka

    2. Meskipun sorga itu memang beyond our mind, tapi Desfortin yakin itu ada. Sebab, bila sorga atau kekekalan itu tidak ada, maka sia2lah yg pernah dilakukan manusia, menjadi nihil, tapi motivasi sedalam-dalamnya hati, klo menurut Desfortin bkn sorga alasan utk berbuat baik, tapi karena berbuat baik itu adalah perintah kebenaran yg dtg dari sorga alias barbuat baik itu BAIK, krn sesuai dg perintah dari sorga, haha….

      Desfortin lagi sok tahu, ….

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s