Stereogram, Gambar Di Dalam Gambar

Tutorial stereogram, sebuah ilusi optik yang menampilkan citra 3 dimensi di dalam gambar datar atau gambar 2 dimensi

Sumber Gambar : pinterest.com

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah grup WA, seorang teman membuat kuis dengan mengunggah sebuah gambar dan bertanya, “gambar apakah ini? Ada yang bisa jawab?” Sayapun langsung menanggapi, “Gambar apaan, abstrak, gak jelas begitu?”

“Ayolah,” kata teman saya itu. “Ada gambar rahasia loh di balik gambar itu, coba perhatikan baik-baik,” begitu tulisnya.

Saya lalu dibuat penasaran, dan obrolan pun terus berlanjut. Maka sayapun mencoba terus mengamati gambar tersebut, tetapi selalu berakhir dengan kegagalan. Saya tidak tahu itu gambar apa, dan kemudian menyerah untuk menjawab.

Teman-teman yang lain pun tidak bisa menjawab. Jawaban-jawaban kami sekenanya saja, asal nebak dan terkesan konyol-konyol, ha ha ha …

“Itu gambar serigala,” tulis teman saya yang membuat kuis gambar itu setelah kami semua gagal menjawab. Saya lalu menulis, “Hah? Gimana cara ngeliatnya?”

“Itu namanya stereogram. Kalau mau baca tentangnya, silakan baca link ini,” kata teman saya itu.

Sayapun kemudian membuka link  tersebut, meski dengan sedikit malas. Apalagi ulasannya bukan sebaris dua baris, tapi berbaris-baris kalimat,😂😂

Namun, saya tetap memaksakan diri untuk membacanya sampai akhir. Lalu mempratikkan langsung langkah-langkah untuk melihat gambar stereogram dalam artikel tersebut. Dan ternyata menakjubkan, akhirnya saya berhasil melihat gambar tersebut, kemudian beberapa gambar lainnya. Itulah stereogram. Indah sekali. Saya seperti melihat sebuah objek 3 dimensi di dalam aquarium bening.

Sumber Gambar : wikipedia.org

Nah, apakah Anda tahu apa itu stereogram? Sebagian mungkin sudah tahu, dan sudah terbiasa melihatnya. Tapi bagi yang masih merasa asing dengan stereogram, berikut ulasannya:

Apa Itu Stereogram?

Stereogram adalah ilusi optik dengan kedalaman tertentu yang menampilkan citra atau gambar tiga dimensi (3D). Atau secara sederhana, stereogram dapat diartikan sebagai gambar 3D di dalam gambar 2D (gambar di dalam gambar).

Stereogram pertama kali dibuat oleh seorang ilmuan berkebangsaan Inggris yang bernama Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ternyata ini bukan hal baru, sudah ada di abad delapan belas.

Stereogram umumnya menampilkan objek-objek gambar hewan, tapi saat ini sudah ada gambar objek-objek lain, seperti orang, bangunan, helikopter, pesawat, kursi, dan lain-lain.

Contoh Gambar Stereogram

Berikut contoh-contoh gambar stereogram (images source: google):

#Gambar Contoh 1

#Gambar Contoh 2

#Gambar Contoh 3

#Gambar Contoh 4

Bagaimana dengan 4 gambar di atas? Tampak biasa dan abstrak bukan? Dengan pandangan biasa itu seperti gambar yang tidak jelas dan tidak beraturan. Tetapi dengan metode khusus, kita akan dapat melihat suatu objek 3D yang tersembunyi di dalam gambar 2D tersebut.

Gambar pada contoh 1 adalah seekor unta. Pada gambar contoh 2 adalah sebuah pesawat terbang. Gambar contoh 3 adalah sebuah kursi sofa, dan gambar contoh 4 adalah seorang gadis pesenam dengan keseimbangan sempurna (kedua kaki di atas, dan kedua tangannya di bawah sedang bertopang pada suatu balok tumpuan).

Gambar-gambar tersebut sebenarnya bisa dilihat dengan mudah menggunakan sebuah alat yang disebut stereoscope.

Stereoscope adalah salah satu alat atau instrumen untuk melihat gambar stereogram
Salah satu gambar stereoscope

Sumber Gambar : wikipedia.org

Namun demikian, karena stereoscope tidak selalu tersedia pada kita, maka untuk melihat gambar stereogram, sebenarnya dapat menggunakan metode lain yang juga cukup sederhana dan praktis, bisa dicoba kapanpun, yakni dengan cara mengubah fokus mata atau mengaburkan pandangan (latihan menjulingkan mata).

Metode atau cara mengubah fokus mata, menurut informasi yang saya baca, ada banyak, tetapi disini saya hanya memberikan 2 cara saja (sudah saya buktikan sendiri).

Cara Pertama:

  1. Dekatkan muka Anda pada gambar stereogram / layar monitor dengan jarak relatif dekat (kira-kira 5 cm), lalu arahkan pandangan mata ke kedua sisi gambar sekaligus (mata kiri untuk melihat sisi kiri gambar, dan mata kanan untuk melihat sisi kanan gambar).
  2. Selanjutnya, biarkan mata secara perlahan menemukan fokus objek di balik gambar tersebut, sambil secara perlahan jauhkan gambar/layar monitor dari wajah sekitar 20-30 cm / lebih, tetap fokus (jangan berkedip).
  3. Tahan gambar/layar monitor, dan lihatlah objek 3D dengan kedalaman tertentu di balik gambar tersebut. Semakin dalam/jauh objek tersebut, maka semakin sulit untuk dilihat.

Cara Kedua:

  1. Dekatkan wajah Anda di depan gambar (sekitar 5 cm depan wajah).
  2. Kaburkan pandangan (jangan memperhatikan detail gambar latar).
  3. Lalu jauhkan gambar secara perlahan sampai kira-kira 20-30 cm, tahan gambar.
  4. Tetap kaburkan pandangan, jangan sampai berkedip, apabila berkedip ulangi langkah 1.
  5. Bila sudah berhasil melihat sebagian image, geser pandangan ke seluruh image secara perlahan, agar terlihat image 3 dimensi itu secara utuh.

Catatan: Saat melihat gambar stereogram, mata tidak boleh berkedip, jika berkedip, maka kita akan kembali ke gambar 2D (pandangan biasa).

Semoga kedua metode / cara di atas dapat Anda pahami.

Baiklah, sekarang bagaimana kalau kita praktikkan saja langkah-langkah di atas? Sebab tidak puas tentunya kalau hanya berteori.

Bagi Anda yang mau praktik melihat gambar stereogram, coba lihat dan tebak 3 gambar stereogram berikut sesuai langkah-langkah tersebut di atas (images source: google):

#Gambar Stereogram Tebakan 1

#Gambar Stereogram Tebakan 2

#Gambar Stereogram Tebakan 3

Bagaimana, apakah Anda berhasil melihat objek di balik gambar-gambar tersebut? Setidaknya satu saja dulu. Kalau berhasil, saya ucapkan selamat! Anda mampu melihat sesuatu yang kasat mata ternyata. Hebat.

Bagi yang belum berhasil atau kesulitan, mungkin bisa diulangi lagi atau dicoba lain kali. Memang, tiap objek gambar stereogram itu sepertinya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda untuk dilihat. Jadi, kita perlu latihan dan terbiasa dulu untuk melihatnya.

Selamat berlatih. Semoga sukses!

Terakhir, menurut saya, melihat gambar stereogram itu adalah sebuah rekreasi, melatih rileks, fokus dan ketajaman mata. Ternyata, mata dan otak kita luar biasa. Bisa melihat gambar yang kasat mata, gambar di dalam gambar. Tidak tahu bagi Anda, apakah sependapat? Bagikan di kotak komentar.

Salam Cerdas,

Desfortin

Iklan

62 thoughts on “Stereogram, Gambar Di Dalam Gambar

    1. Haha…unsu Widi kok mampir ksini juga, haha…

      Ya su Wid, kyaknya berkedip itu cuma buat mreka yg blm trbiasa aja. Sdikit slh dong teoriku, huhu,😂😂
      Mksih udah komentar su Wid.

      Oya, 3 gmbr terakhir bisa tbak?

      Suka

    1. Haha..mungkin krn blm trbiasa aja mas, perlu binocular vision (pnglihatan binokular) memang, yaitu pnglihtan dmna kdua mata digunakan scra bersama-sama, sprti menjulingkan mata gitu, otot mata agak tgang dikit sih, tp aman kok.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Ya si Tia brhasil tu mas.

          Coba kyak mengendus mas, dekatkan gadget ke wajah, pndngan dikaburkan spri kyak baru buka mata, mata kiri liat ke sisi kiri gambar, mta kanan ke sisi knan gambar, trus prlhan fokus mata ke pusat objek dlm stereogram itu, tarik perlhan gadgetnya dari wajah coba dech nikmati sampe gmbr 3Dnya terlihat. Ingat, klo blm biasa, skli kedipan aja bisa mmbuat Anda tdk fokus lg.

          Ini sprti kurang krjaan sih mas, sprti ilusi tp nyata. Itulah ilusi optik, haha…

          Suka

    1. Beneran? Well done. Pdhal gmbar ke-3 terakhir lbih mudah loh.

      Bisa ngalami sndiri liat stereogram, nurutku sensasinya gmn gtu, …

      Mksh udah mau repot2 dekatkan wajah ke gadget, spintas kyak org kurang krjaan, tp ini bkn ngerjain kok.

      Suka

      1. Hehehe.. Iyaa.. Aku coba gambar yg lain tp ga dapet2.. Kalo kupu2 itu malah cuma sekali coba aja…

        Btw, postingan ini nambah pengetahuan kok, kalo ga dari sini, aku mungkin belum aware sama stereogram..

        Disukai oleh 1 orang

  1. Wow….menakjubkan, meskipun saya hanya bisa melihat dengan jelas gambar ketiga yakni kalajengking, kalau gambar pertama tidak terlalu jelas sepertinya kupu-kupu ya? Tapi gambar kedua apa ya? saya gak dapat
    Luar biasa ya stereogram ini!

    Disukai oleh 1 orang

    1. Gak nebak loh ya, bnar2 dialmi sndiri ilusi optiknnya.

      Memang ada gmbar yg tdk bgtu jlas mbak, kualitas msing2 stereogram beda2 jg, gambar 3 lbih mdh dari pd gmbr 1 dan 2.

      Haha…mbak Nur msih brmslh ni nomer 2 aja kok.

      Disukai oleh 1 orang

      1. iya benar, sy berusaha melihat ilusi optik sendiri, bahkan saat sy mencoba sy tidak melihat koment yg lain dulu. Iya, saat yg ketiga saya langsung dapat begitu mencoba sekali, tp yg pertama sampai ulang2, dan yg ketiga sampai ulang2pun sy tdk dapat

        Disukai oleh 1 orang

        1. Haha…mksih udah mau repot2 dkatkan gadget ke wajah, meski otot mta sempat sdkit mnegang, spintas kyak org kurang krjaan, haha … tp gak ngrjain kok, scientific, bisa dibuktikan.

          Pengomentar2 di atas, baru 1 org yg brhsil

          Disukai oleh 1 orang

        1. Yg smpat diupload sih cuma yg itu mas. Yg nglmi mslh mata gak tercover kyaknya. Dan ada teori jg bhwa memang tdk smua org bs liat stereogram.

          Practice a lot makes perfect.

          Suka

    1. Gitu ya mas..
      Otot mata jd agak tgang dikit sih saat liat stereogram, aplgi via gadget.

      Coba baca lg lngkah2 yg sja jlskan di atas atau boleh jg bca respons sya trhdap mas Shiq4 pd komennya di atas.

      Smoga bisa.

      Oya, mksih udah mau repot2 mainin gadget dg wjah, lkukan seorang diri aja mas, klo di tmpat umum ntar dikira lg ngpain, hahaha…

      Suka

  2. Saya butuh stereoscope kayaknya. Cuma samar-samar lihat unta (gambar 1).
    Selain itu sama sekali nggak bisa liat. Bahkan yang gambar sofa itu berkali-kali saya liat tetep nggak berubah, masih kayak kain batik. 😅

    Disukai oleh 1 orang

    1. Mungkin perlu latihan dan pmbiasaan aja mas, aplgi klo unta itu sdh tampak samar2, kmungkinan Anda mampu mlihat yg lain jg. Coba lihat gambar contoh yg ke-4, itu si pesenam jlas kok.

      Slmat mencoba mas Firman

      Suka

    1. Gpp mas. Artinya blm bruntung atau blm jodoh ajs, haha…

      Nah…klo mata lg berair atau terasa perih, mungkin jngn liat stereogram dulu mas, krn otot mata bisa gak rileks tu.

      Dicoba pas dlm keadaan normal aja.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Kupu-kupu, laba-laba, kalajengking 😉

    Saya kenal gambar 3D begini sejak SD. Kalau enggak salah antara tahun 94-96. Pertama kali nemu di halaman belakanh sebuah buku tulis. Gambar apakah ini, tulisan di bawahnya. Ah, itu kelinci 3D pertama saya. Ahahahahaha. Tapi, saya tahu namanya stereogram justru saat saya kuliah. Lama sekali. Ada beberapa judul buku di Gramedia kala itu, yang memuat beraneka ragam stereogram. Namun, saya justru pernah lebih penasaran bagaimana cara mereka membuatnya. Bukankah seru, menyisipkan pesan rahasia berupa simbol ke dalam gambar yang kalau awam melihat hanya sebagai gambar abstrak saja? XD

    Anyway, gara-gara terbiasa mengaburkan fokus pandangan, hampir setiap kali saya melihat gambar dengan pola mirip stereogram, atau pattern begitu, sekonyong-konyong muncul volume gambar tersebut: menjadi bentuk 3D. Hanya saja enggak ada objek khusus seperti umumnya stereogram 😉

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s