Berbagi Tentang Diri Melalui Sunshine Blogger Award

​Saya rasa ini adalah award yang kreatif. Saya tidak tahu persis siapa bloger pertama yang membuat atau memulai award ini. Sepertinya dari bloger asing yang berbahasa Inggris. Dan saya juga tidak tahu apa sejatinya maksud / tujuan award ini, imbasnya, dan dalam rangka apa?

Apakah memang untuk saling berbagi tentang diri agar lebih saling kenal, atau untuk melabeli bloger-bloger tertentu dengan kategori bloger paling bersinar atau hanya untuk bersenang-senang atau tujuan lainnya?

Sekali lagi saya tidak tahu. Yang saya tahu Nekochan413, salah seorang rekan bloger saya di wordpress ini, mencantumkan nama Desfortin (urutan ke-8) dalam postingannya yang berjudul Sunshine Blogger Award. Dengan kata lain, she nominated me for the Sunshine Blogger Award. Karena itu, thanks for nominating me, Nekochan.

Sebenarnya, tadinya saya berharap Nekochan atau bloger-bloger sebelumnya (entah sudah berapa multiplikasi) yang menominasikan bloger-bloger lainnya agar dapat mencantumkan siapa bloger atau orang pertama atau lembaga apa yang mengawali award ini, dan dalam rentang waktu berapa lama. 

Sebab jika tidak, menurut perkiraan saya, ini akan terus menyebar secara viral dan seolah tanpa ujung (bagi yang suka menanggapi sih), sehingga banyak bloger yang mungkin membuat headline yang serupa. Tapi sepertinya itu tidak penting juga. Dan saya pikir, menerima nominasi ini bukanlah sesuatu hal yang terlalu berat.

Mengapa saya mau menerimanya? Alasan sederhananya, karena saya ingin lebih mengenal dan belajar dari bloger lain. Juga untuk melatih skill menulis saya melalui menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan bloger yang menominasikan, dan juga sekalian latihan membuat pertanyaan / soal baru, mengingat saya sendiri adalah seorang guru di sekolah yang sering membuat pertanyaan / soal-soal pelajaran untuk siswa.

Dengan alasan inilah saya mencoba untuk tidak mengabaikan nominasi award ini. Juga sekalian untuk menyemangati diri sendiri agar menjadi bloger yang lebih baik lagi dalam mengelola blog di masa selanjutnya.

Sumber Gambar: futureexpat.com

#Aturan Award

Aturan award yang saya terima dari Nekochan ada 4 (empat). Sejujurnya, saya protes untuk aturan 2 (dua) dan 3 (tiga), karena sudah dipatok duluan. But, I don’t want to change the rule of the game. Berikut aturan tersebut:

  1. Terimalah orang yang menominasikan Anda dalam posting blog dan link kembali ke blognya.
  2. Jawablah 11 pertanyaan yang diberikan oleh orang yang menominasikan Anda.
  3. Nominasikan 11 blog baru untuk menerima penghargaan dan tuliskan 11 pertanyaan baru.
  4. Cantumkan peraturan dan tampilkan logo Sunshine Blogger Award di post Anda (bisa copas gambar di atas).

#Pertanyaan Nekochan

Sekali lagi, saya tidak tahu kenapa jumlah pertanyaannya mesti 11 (sebelas) dan harus menominasikan yang baru, sebab akan tumpang tindih juga. Tapi karena aturannya demikian, ya saya ikuti saja.

Dan berikut adalah 11 pertanyaan yang diberikan Nekochan yang harus saya jawab:

1. Apa suka duka jadi blogger?

Saya bukan bloger profesional. Hanya amatir. Itupun tidak tiap hari bisa posting. Gaya menulis saya masih payah. Kadang saya masih kesulitan menemukan ide terbaik untuk ditulis. Tapi bagian paling mendukakan adalah, ketika saya mempunyai suatu ide untuk ditulis, tapi saya tidak “berkapasitas” untuk mengulasnya karena itu bukan wewenang saya. Kadang saya merasa aneh pada diri sendiri.

Tapi yang paling membahagiakan saya (sukanya), adalah ketika saya bisa memposting tulisan terbaru, khususnya untuk topik atau “konten gemuk” yang lumayan susah payah saya merampungkannya, tapi yang akhirnya bisa dirilis juga. Selain itu, tentu saja bila statistik blog meningkat, baik itu jumlah komentar, viewer, visitor, maupun follower dan lain-lain.

2. Apa saja pencapaian kalian selama ngeblog (misalnya jumlah viewers, atau award semacam ini)?

Jujur saja, saya merasa belum ada pencapaian apapun. Begitu juga untuk jumlah viewers Blog Desfortin Menulis belum seberapa, tapi sepertinya setiap hari selalu ada peningkatan.

Untuk award semacam ini adalah kali pertama. Saya belum terbiasa sebenarnya menerima award, dan tidak pernah juga berharap atau ambisius untuk award. Saya tahunya terus menulis, menulis dan menulis, meskipun hanya rilis seminggu sekali. Tapi sampai saat ini saya belum melanggarnya (rilis seminggu sekali).

3. Bagaimana awal mula terciptanya blog kalian (alasan kalian ingin mengelola blog)?

Saya mulai ngeblog rutin baru pada Oktober 2016 yang lalu dan masih menggunakan laptop atau PC. Semua berawal dari rasa kagum saya pada sosok hai hai pemilik Blog Bengcu Menggugat. Anehnya kadang saya menyukai sesuatu yang tampak kontroversial, tapi yang intelek dan sukar disangkal kebenarannya. Itulah sebabnya kemudian saya beropini tentang hai hai, dan jadilah itu sebagai postingan perdana saya di Desfortin Menulis.

Selain itu, karena saya terinspirasi oleh tumbuh kembangnya putri pertama saya, Ruth Amora. Dan itu sepertinya menarik untuk diabadikan dalam suatu tulisan. Jadi tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya akan menulis konten gado-gado seperti sekarang ini. Blog Desfortin Menulis adalah blog gado-gado.

4. Siapa idola/sosok yang menginspirasi kalian?

Sosok idola yang paling menginspirasi saya adalah Rev. Dr. Stephen Tong, yakni dalam hal teologi, filsafat, dan pemikiran reformed lainnya. Kemudian hai hai alias bengcu, yaitu dalam hal pemikiran yang unik, “anti mainstream” dan fantastis.

Dalam hal menulis dan blogging, mungkin saya menempatkan shiq4 di urutan pertama, yakni dalam hal kedisiplinan menulis dan kepiawaiannya menyajikan suatu ide sehingga mudah dipahami. Saya yakin, blog shiq4 juga akan menjadi blog otoritas berbahasa Indonesia tentang tips menulis di masa mendatang.

5. Apa saja hal-hal yang menjadi favorit kalian (misalnya buku, hewan, makanan, kegiatan, apa saja)

Saya tidak punya judul buku tertentu yang saya favoritkan. Sebenarnya ada banyak buku dengan judul yang bagus. Tapi jenis buku favorit saya adalah buku teologi, khususnya teologi reformed. Lebay kan? Haha .. Entahlah, pokoknya kalau segala sesuatu dilihat dari sudut pandang Tuhan atau teologi, maka yang lainnya, sekalipun tampak mulia dan hebat, itu terasa redup dan ada yang kurang (ini terkesan sangat subjektif memang, padahal saya sendiri pun bukan apa-apa dalam agama).

Nah, untuk hewan favorit mungkin saya tidak punya, (di rumah ada sih anjing dan kucing, tapi itu milik putri saya). Tapi hewan yang lumayan saya sukai, kalau disuruh memilih, mungkin saya lebih memilih doggy ketimbang catBecause dog is the only animal which can please its own master.

Begitupun untuk makanan, tidak ada yang terlalu saya favoritkan. Sepanjang enak, sehat dan higienis, pasti saya makan.

6. Adakah keinginan yang belum tercapai/ingin dicapai?

Tahun 2017 ini, ada beberapa wish list yang telah saya buat. Beberapa diantaranya telah tercapai. Dan sebagai guru ada beberapa terkait jabatan yang belum tercapai, dan salah satu yang ingin dicapai dalam waktu dekat adalah naik pangkat/golongan (haha … terlalu jujur ya).

7. Adakah hal yang telah dicapai dan menjadi suatu kebanggaan?

Jika pertanyaannya terkait blog, maka saya merasa belum. Tapi saya tetap cukup berbangga karena dalam kurun waktu 6 bulan lebih ini, saya masih rutin ngeblog walaupun sebagai pribadi yang berkecimpung di dunia pendidikan tentu jadwal saya lumayan padat.

Jika terkait pekerjaan utama saya, tentu ada. Dan itu adalah posisi yang saat ini masih saya jalani.

8. Bagi kalian, sebenarnya apa itu blog?

Blog adalah sesuatu yang “aneh”, yang punya gravity tersendiri dalam hidup saya sejak 2016 lalu. Ia membuat saya ingin terus menulis, meskipun mengelola blog itu gampang-gampang susah. Tapi saya begitu menikmatinya. Serasa ada yang hilang kalau terpisah dari blog. Mungkin itu bagian anehnya.

Blog bagi saya juga adalah tempat saya berbagi, menuangkan segala ide atau pikiran. Karena saya berprinsip bahwa menulis adalah berpikir, maka belajar menulis adalah belajar berpikir. Berpikir dan menulis adalah cara agar tetap waras dan eksis sampai kapanpun, walaupun kita sudah tiada.

9. Adakah harapan untuk blog kalian kedepannya?

Saya berharap agar blog saya kedepannya semakin berkembang, berfaedah bagi pembaca, dan tentu harapannya bisa mendapatkan banyak pengikut (maunya sih pengikut setia), minimal 500 pengikut dulu.

10. Bagaimana pendapat kalian tentang blog Watashi no Sekai ini?

Jujur saja, saya baru tahu tentang blog Watashi no Sekai ini ketika mas shiq4 mereview cerbung Still by Nekochan beberapa waktu lalu. Saya tertarik dengan cerbung atau flash fiction-nya. Kagum dengan gaya penulisannya. Sangat Japanese style. Dan yang membuat saya kagum lagi, ternyata Nekochan adalah seorang remaja Indonesia yang masih duduk di bangku SMA. Perempuan lagi. Hebat kamu ya.

Selebihnya saya belum banyak tahu, semoga melalui media award dan pertemanan disini, seiring waktu berjalan, saya bisa lebih tahu tentang blog ini, dan kita bisa saling kenal. Oke, Nekochan?!

11. Pesan untuk para bloger pemula?

Apa ya? … soalnya saya sendiri juga masih bloger pemula alias newbie. Jadi, masih banyak ilmu ngeblog yang perlu saya pelajari lagi.

Mungkin ini saja:

“Teruslah menulis, tapi mungkin jangan terlalu over confident juga, slow but sure. Dan kalau Anda bisa menjadikan menulis (sebagai kebutuhan), ibarat makan dan minum, mungkin itu jauh lebih baik, tapi tetap tenang, semua butuh proses memang.”

#Pertanyaan Desfortin

    Selanjutnya adalah 11 pertanyaan dari saya untuk nominasi baru yang saya pilih:

    1. Apakah bakat menulis itu memang ada, atau itu hanya omong kosong? Mohon alasan logisnya!
    2. Mengapa Anda memilih blog gratisan di wordpress?
    3. Pilih mana, blog niche atau gado-gado? Mengapa?
    4. Sejauh mana pentingnya blogwalking dan saling komen untuk meningkatkan statistik blog Anda?
    5. Pernahkah Anda mengalami Writer’s Block dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
    6. Apakah Anda aktif di media sosial dan mengapa? (Misalnya Fb, Tweeter, Instagram, Line dst). Kalau ada dan berkenan memberitahu, sebutkan!
    7. Bisakah Anda menyebutkan postingan blog Anda yang paling berarti bagi Anda dan mengapa?
    8. Apa mata pelajaran favorit atau yang paling Anda sukai ketika masih sekolah, dan alasan Anda menyukainya?
    9. Apa arti guru bagi hidup Anda? Apakah Anda setuju kalau guru itu disebut pahlawan tanpa tanda jasa?
    10. Apakah Anda punya musik atau lagu favorit? Seberapa sering Anda menikmatinya?
    11. Apa saran atau pendapat Anda agar konsisten menulis?

    #Nominasi Baru

    Adapun untuk 11 nominasi baru yang saya pilih adalah:

    1. hai hai – Bengcu Menggugat
    2. rizzaumami – Review Umami
    3. Ical – Bang Ical
    4. Nuhid – Nuhidiyah
    5. cK – cK Stuff
    6. Mulyasaadigo- After Reading Panic
    7. Pungkas Yuda Susena – Merah Marah Manis 
    8. Tia – Bunga di Tepi Jalan
    9. Nur S. Ahmadi – Nursinau Nulis
    10. jagadbayu – Jagad Bayu
    11. Triadiej – Pikiranku

    Oya, bagi bloger yang saya nominasikan di atas, mungkin ada sebagian yang sudah ditandai atau dipilih oleh bloger lainnya. Jadi, ini bukan harga mati. Kalau dirasa tidak perlu, karena alasan itu atau alasan tertentu lainnya, Anda tentu saja berhak mengabaikannya. Anda juga berhak menganggapnya konyol. 

    That’s okay. Saya merasa ini juga hanya semacam game untuk bertukar pikiran. Jadi, tak perlu merasa tertodong atau bagaimana, sekalipun saya telah mencantumkan nama Anda disini sebagai nominasi. Just ignore it if you’re not pleased.

    Namun tentu saya akan berterima kasih jika Anda bersedia menerima nominasi award ini dan meresponsnya seperti aturan di atas. Tapi jangan tanyakan tentang hadiahnya ya (meski award biasanya ada hadiahnya, ha ha…). Sayapun tidak tahu. Saya memilih Anda tentu karena saya sangat menilai dan menghargai Anda. Dan seperti kata Nekochan, anggap saja ini hanya untuk bersenang-senang.

    Nah, bagi yang bersedia, ditunggu responsnya di kotak komentar, dan tentu saja postingan terkait award ini. Begitupun bagi yang tidak saya nominasikan (maaf, karena jumlahnya memang hanya 11), saya ingin Anda juga tetap bisa berpartisipasi disini dan memberikan respons sesuai yang Anda pandang baik. Terima kasih.

    Salam Cerdas,

    Desfortin

    Iklan

    57 thoughts on “Berbagi Tentang Diri Melalui Sunshine Blogger Award

    1. Terimakasih mas desfortin, telah memilih saya sebagai salah satu yg dinominasikan dalam award ini. Sy baru tahu tentang ini dan merasa tertantang, shg mungkin sy akan menerima tantangan ini, tetapi belum dalam waktu dekat. Selain sekarang lg sibuk2nya menjelang lebaran, akhir2 ini internet di rumah sering sekali lelet.
      InshaAllah kalau sdh ada waktu dan jaringan bagus sy akan coba

      Disukai oleh 1 orang

    2. Nama anaknya bagus ya, Ruth 😊 suka πŸ˜„
      ngomong2 nama blog saya cuma “watashi no sekai” kok πŸ˜‚
      Sekali lagi terima kasih sudah mau berpartisipasi, walau ini cuma buat senang2 saja

      Disukai oleh 2 orang

        1. Sbnrnya klo nama putri sy itu lbih pnjng lg, kdang nyesel jg kpnjngan sih. Jd ksulitan nnti nulis namanya di LJK wktu ujian skolahnya nnti.

          But thanks ya for the compliment

          Suka

              1. Oo..itu trnyta kurang spasi sja, tp sdh sy mutakhirkan. Sprtinya sy pun tdk sdar saat menuliskannya, krn hnya mngikuti yg trtulis pd prtnyaan di atasnya. Kmungkinan typo pd sy, mungkin waktu copy paste nya ke blog.

                Trmksih krn Anda lbih jeli mlihatnya.

                Disukai oleh 1 orang

    3. Seingat saya yg kayak ginian dulu pernah ramai mas desfortin. Banyak juga,yg bikin bermacam-macam award. Tapi baru kaliini saja saya ikut karena memang baru pertama punya blog yg dikelola dengan tidak serius. Jadi bisa sambil senang2 deh nulisnya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

        1. Iya terima kasih linknya. Sebenarnya saya juga memimpikan berada di kondisi terbaik.

          Cuma agak malas buat serius karena merasa lingkungannya masih belumcukup mendukung plus kesibukan dunia online.

          Yg jelas saya gak mau banyak berkorban cuma buat srkadar ngeblog.

          Disukai oleh 1 orang

            1. Ha ha ha…. kayaknya ada kecenderungan buat bikin ebook -ebook gratis terus mas desfortin. Ya anggap saja langkah2 kecil dulu. Klo buat buku bisa lain kali klo sudah benar2 menulis.

              Disukai oleh 1 orang

    4. Saya kok merasa ini mirip pesan-pesan berantai yang dulu rame ya, yang ada pesan, “Sebarkan pesan ini ke 11 temanmu, jangan berhenti di kamu”.
      Bedanya ini disebarkan lewat blog dan ada pertanyaannya, hahaha

      Tapi nggak papalah buat seneng-seneng, saya malah udah bikin 2 postingan kayak gini tapi nggak saya teruskan lagi. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Mungkin sja mas. Tp barusan sy ada bca 1 konten asing brbhsa Inggris, sprtinya ini ajang buat sling knal aja, utk brtukar pikiran, tp ada ksan tntangannya jg.

        Oya, udh rilis yg kduanya mas atau dibatalkan? Blogny knp gak diijinkan komentarnya, biar bs ditnggapi.

        Disukai oleh 1 orang

        1. Komen saya tutup biar postingan saya sebelumnya nggak sepi mas, hehehe

          Lagipula kedua postingan saya hanya berisii jawaban-jawaban tanpa menominasikan blog lain. Jadi saya pikir orang nggak punya alasan untuk komen di postingan2 itu.

          Disukai oleh 1 orang

            1. Soalnya bloger-bloger yang saya kenal nggak banyak mas dan semua udah dinominasiin sama bloger lain. Kasain kan kalau harus bikin pos dobel-dobel, cukup saya aja yg dobel hahahaha

              Disukai oleh 1 orang

              1. Sbnrnya sy protes dg 2 aturannya itu seandainya memang ada gift nya, krn menurut sya gak msti sebelas dan gak msti bloger bru, (sy mlah mau menominasikan Shiq4 dan Anda) dan siapa yg bnyak dinominasikan, itu pmenangnya, jd critanya kita jg jdi jurinya, (tp apa ini gak bkal menyinggung yg lain ya?). Klo bgian yg tdk menominasikan diri itu sy stuju.

                Tp ahh…krn bkn kita jg bkin rule awalnya, jd tersrah aja, haha..

                Disukai oleh 1 orang

              2. Dan bloger yg dinominasikan tdk prlu menjawab smua pertanyaan bloger yg mnominasikan…wah…ini bkal kcau lg awardnya klo bgni…

                Mkanya sy pnsran siapa yg buat award ini prtma kalinya

                Suka

    5. “Mempunyai suatu ide untuk ditulis, tapi saya tidak β€œberkapasitas” untuk mengulasnya…. ” ini duka bangeet 😭😭

      Waaa, ada nama saya disanaaa πŸ™ŒπŸ™Œ

      Disukai oleh 1 orang

      1. Ya..bkn berarti gak bs nulisnya, tp krn bkn bidang kita, takut kita dianggap sok tahu, sy kdang mnglmi hal itu, misalnya ttg teologi. Kdang sy pny pndangan yg brbeda dg pra ahli agama, dan sy ykin bhwa yg sy ykini tdk brtntngan dg kitab suci (wlaupun tdk skolah skolah di bdang agama, tp hny otodidak).
        Itu slh stu contoh saja.

        Sy pilih Tia krn prcya dg kapasitas Anda dlm mnulis

        Disukai oleh 1 orang

    6. Terima kasih atas nominasinya, saudaraku Desfortin. Tantangan ini saya terima, hanya mungkin akan sedikit kesulitan untuk menominasikan 11 blog lain lagi, karena jejaring blogger saya tidak banyak. Tetap semangat untuk menulis dan berbagi!

      Disukai oleh 1 orang

      1. Trmksih Mr. Kaze. Sprti Shiq4 dan Firman, mreka change the rule tdk menominasikan bloger manapun. Jd suka2 Anda sja..hnya 11 pertnyaan itu wjib dijawab dan Anda wajib mmbuat prtnyaan baru (baik Anda menominasikan ataupun tdk menominasikan bloger mnapun).

        Jadi, skdar for fun and a little chalenge. Utk brtukar pikiran.

        Keep blogging sensei..

        Suka

    7. Desfortin, tulisan anda makin hari makin baik. Keren. Klo soal award, saya gak tahu. Soal blogger lain, terus terang saya jarang tahu. Hanya bloggweb yang saya baca. Bukan karena sombong namun karena waktu saya lumayan padat karena kerja dan belajar.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Wow…akhirnya Anda dtg jg. Snang skli saya. Trmkasih pak hai hai. Saya masih merasa perlu bnyak bljar lg. Dan tulisan sy tdk niche ttg teologi lg sprti 2008 dlu.

        Gpp pak hai, trmksh sdh mampir dan mningglkan jejak dsni. Klo ada ksmptan, main2 ksni lg, biar stidaknya bs numpang beken dan traffic bs mkin mningkat.

        Disukai oleh 1 orang

    8. Aku udah baca ini dua kali heheh. Yg pertama blm sempet komentar karena lg ada kegiatan. Ini yg kedua.

      Wah saya nggak nyangka bisa disandingkan sama bloger kece yg lain. Jujur, yg masih buat sy penasaran adalah alasan mas rudi menominasikan saya hehe. Tp ga perlu dijawab.

      Terima kasih mas rudi. Dg ini sy jadi lebih termotivasi utk terus menulis dan memikirkan target dan nasib blog. Sy rasa ngeblog tidak boleh berhenti.

      Setelah ini akan sy balas pertanyaan itu di post sy. Dan tentu butuh waktu hehe, karena sy pasti butuh revisi kalo nulis πŸ˜†

      Sekali lagi thank you mas

      Disukai oleh 1 orang

      1. Mksih udah bca mas Rizza. Klo gak smpat gak msti dipksa, toh ini juga game “aneh”, haha…sy hny mnruskan, dan stiap yg sy nominasikan sy anggap sy pny pnilaian tersendiri atas dsar krn sy appreciate blognya, gaya nulis dlsb.

        Disukai oleh 1 orang

      1. Mksih mas. Sudah 3 org jadinya skrg yg trima award ini.

        Mksih buat jawabn2nya. Saya sngat hrgai skli. Coba klo ada sponsor dan msuk akal trkait award ini, minimal dpt hdian pulsa, mungkin bkal bnyak yg mau ikutan. Tp syang, itupun cuma khayakan sy saja, πŸ˜‚πŸ˜‚

        Suka

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s