Bloger Dengan Komentar Terbanyak Di Blog Desfortin Menulis

6 besar komentator di blog Desfortin Menulis

Sumber Gambar: shortways.com

Menulis itu punya gravity tersendiri, terlebih di era sekarang. Ada banyak manfaat dari menulis. Dengan menulis berarti kita ikut serta dalam melestarikan budaya literasi. Negara yang maju biasanya literasinya juga maju. Jadi, menulis itu penting. Tapi terpenting lagi, aktivitas menulis itu harus mengasyikkan alias menyenangkan.

Begitu juga dengan ngeblog. Ia harus menjadi hal yang mengasyikkan dan membahagiakan, bukan karena keterpaksaan. Tanpa itu, aktivitas menulis atau ngeblog biasanya akan terasa berat, bahkan bisa menjadi semacam siksaan intelektual. Tentu saya tidak mau seperti itu.

Mungkin bagi yang bukan bloger Anda bertanya, apa sih asyik dan pentingnya ngeblog? Ya, Anda tidak akan tahu apa pentingnya dan asyiknya menulis atau ngeblog sebelum Anda sendiri mencobanya. Dan saya pernah mengulas secara singkat alasan saya tetap menulis disini.

Bagi saya, agar menulis atau ngeblog tetap menjadi aktivitas yang asyik, bahagia, dan semangat tentunya, sebaiknya tidak dilakukan seorang diri. Apalagi cuek dan menyendiri, seolah tidak mau tahu dengan bloger lain dengan berbagai alasan. Kecuali Anda bloger pro atau bloger terkenal, atau Anda penulis “suka suka gue”, Anda bisa saja mengabaikan yang saya tulis ini. 

Dan kalau saya, karena masih terlalu pemula, yang menulis untuk berbagi atau sekedar bersenang-senang, agar menambah teman, dan kita bisa terlihat lebih akrab (tidak terkesan sombong), dimana ini juga baik untuk perkembangan blog kita di masa depan, maka salah satu caranya adalah bergaul atau berinteraksi dengan bloger lain.

Saya sendiri sering shareblogwalking dan meninggalkan jejak di blog lain (comment dan like), secara khusus di blog-blog yang saya ikuti. Saya rutin melakukannya dan mengupayakannya setiap hari. Itu bukan hal berat bagi saya, tapi tentu saja kalau kondisinya juga memungkinkan.

Andapun bisa melakukannya, dan lihat bagaimana efeknya bagi blog Anda dan terhadap semangat menulis Anda. Tapi perlu diingat, lakukan dengan tulus, konsisten dan sabar tanpa ekspektasi mendapatkan kunjungan balik atau follback dalam waktu singkat.

Nah, pada postingan kali ini, pasca ngeblog selama kurang lebih 9 (sembilan) bulan ini, saya akan menyampaikan tentang bloger-bloger yang paling sering berinteraksi, paling banyak atau lumayan sering berkomentar di blog Desfortin Menulis.

Tentu saja ini berdasarkan tampilan statistik blog, dan hanya Top 6 yang saya ulas. Ini saya lakukan sekalian untuk memberikan backlink dan ulasan singkat tentang blog teman-teman bloger saya itu. And also as my thanks.

Ket: Saya memakai kata “bloger’ (bukan blogger) sesuai KBBI versi IV.

6 Bloger dengan Komentar Terbanyak di Blog Desfortin Menulis:

Stats Terkini tanggal 25 Juli 2017
Screenshot Terkini Blog Desfortin Menulis

1. Nur S Ahmadi

Di urutan teratas adalah mbak Nur dari Blog Nursinau Nulis. Ia salah satu bloger yang paling sering berkomentar di blog saya. Mbak Nur adalah bloger yang sangat ramah, komentar-komentarnya selalu positif dan konstruktif. Terima kasih atas komentar-komentarnya, mbak Nur.

Saya mulai mengenal bloger ini sejak ia berkomentar di salah satu blog saya yang berjudul “Alasan Utama Pasangan Selingkuh”. Mbak Nur, selain sebagai bloger, ternyata ia juga adalah seorang guru, bahkan guru adalah pekerjaan utamanya. Ia mengajar di salah satu SMA di Sulawesi Tengah.

Saya salut dengan guru seperti mbak Nur ini, yang masih aktif ngeblog atau tetap menginvestasikan waktunya dalam dunia literasi, dan memang sudah seharusnya demikian; guru harus menulis. Sayangnya, berdasarkan pengamatan saya, tidak banyak guru yang rajin menulis.

Nah, mbak Nur S. Ahmadi membuktikan bahwa ia guru yang menulis. Kesibukannya sebagai guru tidak serta merta menghalangi nya dalam kegiatan tulis-menulis, dalam hal ini ngeblog di wordpress. Sayapun cukup sering berkomentar di blognya, bahkan seingat saya, saya hampir selalu berkomentar di blognya semenjak kami berteman.

Karena mbak Nur sebagai guru, maka tentu konten-konten blognya tidak jauh membahas seputar pemikiran seorang guru atau dunia pendidikan. Tapi ada juga konten curhat atau konten gado-gado lainnya. Bahkan saat ini ia sudah merilis postingan blognya yang ke-101. Wow! That’s a good achievement, I think.

Untuk mengakses blog Nursinau Nulis, klik DISINI.

2. Shiq4

Saya mengenal blog shiq4 sekitar November 2016. Jujur saja, waktu itu adalah awal-awal saya ngeblog, dan belum mempunyai banyak teman. Seingat saya waktu itu shiq4 yang terlebih dahulu memberi like (tidak komentar) pada blog saya yang berjudul “Menulis, Ibarat Makan dan Minum (Tips Menulis Ala Desfortin). Sayapun lalu mengklik Gravatar ybs, lalu mengikuti blognya. Sejak saat itulah pertemanan kami dimulai sampai sekarang. 

Seiring waktu saya menyadari bahwa shiq4 adalah bloger yang sangat populer. Bagi saya, ide-idenya begitu cerdas dan inspiratif. Gaya menulisnya yang menarik dan mudah dipahami membuat pembaca betah untuk berlama-lama di blognya.

Walaupun blog shiq4 yang dikelolanya termasuk blog gado-gado, tapi secara umum ia lebih dominan dan tampak sangat expert dalam membahas tips atau teori menulis. Brand itu yang terus dibangunnya sampai saat ini, dan terbukti sangat bermanfaat bagi para pembaca, termasuk saya.

Shiq4 juga adalah bloger yang ramah. Sekalipun ia sudah cukup terkenal, tapi itu tidak membuatnya jumawa atau lupa untuk peduli dengan teman-teman ngeblognya, ia tetap rutin blogwalking ke blog-blog lain, termasuk Blog Desfortin Menulis.

Komentar-komentarnya sangat positif, dan ia tipikal bloger encourager. Terima kasih, mas Shiq4. Karena itu, sayapun selalu mengikuti perkembangan blognya, dan hampir tidak pernah alpa pula meninggalkan jejak melalui komentar dan like di blognya.

Dari shiq4 saya juga banyak belajar tentang dunia tulis-menulis, tentang cara berkomentar yang baik atau berteman dengan bloger lain, tentang blogwalking, tentang SEO, tentang review (buku, film, novel), tentang fiksi (cerpen, cerbung, FF), tentang motivasi atau pengembangan diri, dan masih banyak lagi.

Ada banyak konten yang sangat bagus untuk dibaca di blog shiq4. Apalagi ia termasuk bloger yang sangat aktif menulis, dimana sampai saat ini ia menulis setiap hari. Bahkan sampai saat ini ia sudah merilis blognya yang ke-581 (FF: Siapa yang Pencuri?). Dan saya sangat merekomendasikan siapapun untuk membaca postingan-postingan blognya.

Untuk mengakses blog shiq4, klik DISINI.

3. Rizza Umami

Selanjutnya, di urutan ketiga, bloger dengan komentar terbanyak di Blog Desfortin Menulis, adalah mas Rizza Umami. Ia adalah pemilik blog Review Umami.

Bloger satu ini terkenal dengan review-nya. Entah itu review buku, novel, film atau yang lainnya. Ada juga postingan tentang Cerpen. Karena itu, saya mungkin menggolongkan blognya sebagai blog niche. *CMIIW.

Gaya menulis dan teknik copywriting-nya yang menarik patut diacungkan jempol. Sayapun sering mengikuti perkembangan blognya (mungkin termasuk yang cerewetπŸ˜€). Dan menurut info langsung dari yang bersangkutan, bahwa Cerpennya yang berjudul “Catatan yang Cacat” adalah postingannya yang ke-101.

Bagi saya, mas Rizza juga adalah seorang pembaca yang jeli lagi peduli. Mungkin sekitar 1 atau 2 kali, kalau tidak salah ingat, ia pernah mengoreksi kata atau singkatan di postingan blog saya yang secara typo saya tulis.

Begitu juga penyebutan salah satu nama produk minuman di salah satu cerpen saya, pernah ia kritisi. Tapi saya senang dan berterima kasih karena ada bloger lain yang mau mengoreksi. Ini penting, supaya di lain waktu saya tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Jika Anda tertarik dengan blognya tersebut, bisa diklik DISINI.

4. Damar Y. Firmanto

Di urutan keempat ada mas Firman, pemilik blog firmanstea.com. Saya lupa kapan persisnya saling follow dengan blog mas Firman. Ia juga bloger yang sering memberikan komentar positif di blog saya. Terima kasih atas interaksi dan partisipasinya, mas Firman.

Mas Firman adalah bloger yang cukup aktif. Setidaknya dalam 3 atau 4 hari sekali ia merilis blognya. Blognya kebanyakan mengulas tentang dunia persepakbolaan. Tapi ada juga ulasan tentang podcast, tentang film, buku dan game. Karena itu, blognya tetap saya golongkan sebagai blog gado-gado.

Gaya menulisnya yang apik, tidak bertele-tele, sedikit mirip shiq4 juga, khususnya saat mengulas tentang sepakbola, membuat saya kagum dan betah untuk membacanya hingga tuntas.

Melalui mas Firman juga saya tahu tentang Cermin. Biasanya yang saya tahu hanya Cerpen, Cerbung atau novel. Beberapa Cermin yang dibuat mas Firman cukup menarik. Saya salut karena membuat Cermin berarti membuat cerita dengan kata-kata singkat dan padat, tapi harus tepat sasaran. Dan saya dapati itu dari mas Firman (Cermin=Cerita Mini).

Untuk mengakses blognya, klik DISINI.

5. Rahmad Mhirza

Di urutan kelima adalah mas Rahmad Mhirza. Ia adalah pemilik blog Fansmusik21 (Musik dalam tulisan). Ia cukup rutin memposting tulisan-tulisannya seputar musik dan lirik lagu Barat beserta terjemahannya, bahkan kadang juga disertai ulasan maknanya. Jadi, blog ini termasuk blog niche.

Saya mulai mengenal blognya pada tahun 2017 ini. Tapi kapan persisnya saya lupa. Meskipun saya bukan penikmat musik yang baik, tapi saya sering mengikuti update blognya, dan sesekali juga berkomentar. Semoga ke depannya saya bisa lebih mengenal Anda, mas Mhirza.

Meskipun saya tidak tahu persis berapa banyak konten blognya, tapi yang pasti ada banyak lirik lagu asing beserta terjemahannya di blog mas Mhirza ini.

Bagi Anda yang suka mendengarkan lagu mancanegara, dan penasaran dengan arti liriknya, mungkin blog mas Mhirza ini bisa menjadi pilihan.

Untuk mengakses blognya, klik DISINI.

6. Arika

Di urutan keenam adalah Arika. Ia merupakan salah seorang bloger yang masih kuliah. Interaksi saya dengannya bermula pada bulan Februari 2017, saat ia berkomentar di salah satu blog saya yang berjudul “Tentang Kelakai dan Mengeksekusinya Menjadi Keripik Unik”. Terima kasih Arika buat komentar-komentarnya.

Arika, menurut saya, termasuk bloger yang cepat akrab. Gaya bahasanya yang santai dan kekinian saat menulis membuatnya terlihat cukup gaul dan smart. Apalagi belakangan saya mengetahui kalau yang bersangkutan ternyata juga penyuka lagu-lagu Linkin Park.

Blognya termasuk blog gado-gado yang membahas berbagai hal. Ada tentang motivasi, seni (hand letteringsketchwalk, puisi), opini kasus hukum, curhat, dan lain-lain. Sayapun cukup sering memantau blognya.

Bagi Anda penyuka sudut pandang seorang mahasiswi atau orang muda, saya merekomendasikan Anda untuk membaca blog-blog Arika.

Untuk mengakses blognya, klik DISINI.

Nah, itulah 6 bloger yang rutin berkomentar di blog Desfortin Menulis (ini yang muncul di stats loh). Bagi saya, mereka adalah bloger-bloger hebat yang telah memberikan inspirasi dan dorongan yang positif. Berinteraksi dengan mereka sangat menyenangkan, dan tentu membuat saya lebih semangat lagi untuk ngeblog. Thanks, guys.

Selain 6 bloger di atas, ada juga beberapa bloger lain yang lumayan sering berkomentar atau menekan tombol like di Desfortin Menulis. Mereka adalah Hendi Setiyanto, pemilik blog NdayengNur Irawan, Jaja AryadiMulyasaadigo, cK Stuff, dan seterusnya.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua bloger yang telah meramaikan blog gado-gado saya ini. Meskipun ini cuma blog gado-gado dan mungkin berisi konten-konten yang remeh temeh, tapi sekali lagi terima kasih atas segala dukungan Anda semua melalui komentar-komentarnya di blog ini.

Semoga kita bisa terus menjadi teman ngeblog atau teman berbagi yang baik, sekalipun sebagian besar kita belum pernah ketemu atau bertatap muka secara langsung. Tapi semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu di dunia nyata, bukan hanya di dunia maya.

Ok, guys. Tetap semangat menulis, dan sukses untuk kita semua!

Salam Cerdas,

Desfortin

Iklan

92 thoughts on “Bloger Dengan Komentar Terbanyak Di Blog Desfortin Menulis

    1. sepertinya senasib tidak sepenanggungan dengan saya mbak. pernah komentar akan tetapi bukan kalangan yg termasuk 5 besar komen di blog ini πŸ™πŸ˜·

      Disukai oleh 1 orang

        1. iya nih.. mau buka lapak jualan tas tapi koq belum kesampaian. πŸ˜€ keinginan nya ga sebesar semangat nihh… 😦

          Suka

  1. Sinyal jg lg gangguan ni, msh ada yg salah tu urutannya. Mau disunting, tp msh nunggu sinyal normal kmbli, lelet banget ni. Maaf, mas Riza dan mas Firman, πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

    1. Betul mas Pungkas. Dg komen kita bs dpt feedback atau persepsi lain dari bloger lain. Mksh udah komen, nanti sy komen jg k blog Anda.

      Tp maaf, krn sinyal lg lemot ni, jd nunggu normal aja. Mksh skli lg.

      Suka

  2. Wah …terimakasih mas Desfortin atas apresiasinya atas koment2 saya di bLog Desfortin menulis, Ternyata sama ya, mas Desfortin juga merupakan bloger dengan urutan terbanyak pertama yang komentar di blog saya …kayaknya kita memang klik ya sebagai teman, mungkin jg terjadi krn profesi kita sama ya..? Semoga saja kita sama-sama bisa selalu menulis dan bersahabat terus biarpun hanya melalui wordpress.
    btw, idenya membuat tulisan ini benar2 luar biasa, belum pernah terpikirkan oleh saya. Oke Good Job mas Des dan sekali lagi terimakasih

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sama2 mbak Nur.

      Hah? Kok klik? Barusan stats nya dicek ya, πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Tos dulu dech, mbak Nur.πŸ˜€

      Ide ini sy tulis krn sy merasa klau blogwalking dan saling komen itu pnting, krn bs memacu smangat penulis. Slain itu, krn sy liat posisi mbak Nur gak turun2 di stats saya dari kmrin2, haha…

      Senang ngeblog dg Anda. Smoga kita ttp smngat utk trus mnulis mbak.

      Good luck!

      Disukai oleh 1 orang

      1. he he he iya kita klik, bukan hanya barusan stats sy lihat tetapi sering, dan sama posisinya mas des juga selalu teratas he he
        Sama sy juga merasa blogwalking jg sangat penting, tp sayang mungkin sekarang tdk bisasesering dl dapat BW, lg ada tambahan yg diurus jd wktnya kebagi he he
        Aamiin ….

        Disukai oleh 1 orang

    1. Ya, mbak Mulya. Serasa dekat gitu, hihi…

      Snang dan asyik bs berkawan dg Anda disini. Mna ni rilis terbarunya yg bikin panik lg? πŸ˜€πŸ˜€

      Smngat mbak Mulya, dan mksh buat komen2nya jg.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Wah ini iya mas desfortin πŸ˜‚ wah mantap jiwah ini saya masuk 6 besar yak, terima kasih mas desfortin.

    Semoga kedepan komentar saya bisa meningkat, kali aja tahun depan bisa masuk 3 besar.. :v

    Oiya, ada typo tulisan “Linking Mark” disitu.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Haha..sama2 Arika. Kalau dpt di urutan 1 mudah2an ada hadiahnya ya, hehe…kali aja ada rezeki bs bagi pulsa, πŸ˜€

      Ada yg typo lg ya, waduh 2 kli pembaruan ni, huhu…mksh udah mengingatkan, ntar sy cb sunting lg.

      Suka

  4. 22, 23, 24, eh ada 6g :D. Pemilihan waktu yg tepat mas. Bagus nih kalau ada yang bahas, blog yg punya niche meski masih kategori personal, tapi agak sulit bahas konten diluar itu. Ada satu lagi yg niche musik: Abdul Jalil

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ya mas Mirzha, spnjng blog niche nya bikin senang, harus ttp update.

      Ya, mas Abdul Jalil jg musik, kalian berdua mirip. Tp krn Anda yg lumayan sering komen dan muncul di stats, ya sya ulas aja.

      Mksh ya, mas.

      Suka

  5. Wah nggak nyangka ternyata saya bisa masuk 4 besar komen terbanyak. Padahal kayaknya mas yang lebih rajin komen di blog saya, hehehe

    Terima kasih banyak mas, saya juga merasa sangat beruntung bisa kenal mas Desfortin dan bloger-bloger lain.

    Anda jago sekali mereview sampai-sampai blog saya jadi kelihatan keren, padahal sebenarnya biasa-biasa saja. πŸ˜€

    Istilah “Cermin” saya dapat dari kompetisi menulis yang diadakan oleh sebuah penerbit beberapa tahun lalu. Sekarang orang lebih mengenal Flash Fiction atau Fiksi Mini yang sebenarnya sama saja.

    Sekali lagi terima kasih Mas atas backlink-nya, sangat berarti bagi blog saya yang baru mulai dari awal lagi.

    Disukai oleh 2 orang

    1. Sama2 mas Firman. Blog Anda ok punya kok, aplgi kalau urusan bola, wuih…waktu ngulasnya serasa on fire gito, πŸ˜€

      Oo..CERMIN dg FF sama aja ya? Tp kok Cermin Anda lebih singkat…

      Ok mas Firman, ttp smngat ngeblognya ya, dan ttp BW, hee…

      Disukai oleh 1 orang

  6. Ulasan nya mantap mas,disajikan bamu namun tetap santai,kelihatan anda sangat perhatian terhadap blogger lain.

    Semoga saya juga kapan-kapan bisa masuk ya.Soalnya penasaran dengan pendapat blogger lain tentang blog saya.hhee

    Disukai oleh 2 orang

    1. Mksh mas Abdul Jalil. Anda jg cukup sering kok komen dsni, hanya si blm muncul di stats.

      Sy jg snang bca blog Musik Anda, mirip dg blog mas Mhirza yg jg bhas lirik lagu

      Suka

      1. Ya mas..kita belum terlalu lama saling follow kayaknya.jadi masih dikit interaksinya.

        Iya mas,bener,ingin rubah jadi blog personal cuman belum pede nulisnya.Jadi nulis yang sesuai hobi aja dulu.hhee

        Disukai oleh 1 orang

  7. Wah mantap ingatannya bisa ingat kapan pertama kali berinteraksi.

    Terima kasih atas reviewnya, lumayan saya secara nggak sengaja masuk. Cuma akhir-akhir ini saya malah malas blogwalking. Biasanya melakukannya ketika malam. Lagipula kok feeds reader saya jadi sepi akhir-akhir ini.

    Padahal ini belum akhir tahun, eh kok banyak bloger yg sudah jarang update. Apa gara2 terlalu sibuk ya di bulan-bulan ini?

    Disukai oleh 2 orang

    1. Oya? Haha…sama2 mas Yousuf Kurniawan. Intinya, blog yg sy follow biasanya sy upyakan utk ninggalin jjak, jika memungkinkan jg sih. Pokoknya sebisa mungkin dech.

      Akhir2 ini BW sy agak mnurun krn trkndla sinyal wi-fi di tempat sy kurang normal.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Ya, Kha. Khususnya komen yg positif. Itu sebabnya sy jg rutin komen di blog lain, biar nambah teman, sling interaksi, dpt perspektif baru dlsb. Pokoknya kalau rutin dilakukan itu bagus buat blog kita, dan tentu kitapun smkin trpacu utk nulis.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Nge-like bs juga, cm kadang org bs beranggapan kalau cuma nge-like biasanya gak baca postingan (wlw ga slmanya gitu jg), jd beda klau komen, si pmilik blog ngerasa lebih dihargai (sekalipun org kebanyakan jg bacanya pke scaning/skimming).

      Kalau sy sih, komen ada 3 cara:
      1. Mengapresiasi
      2. Berpendapat
      3. Bertanya

      Bisa pilih salah satunya, atau ketiganya digabung.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Terimksh pak Iranda. Ini sbgai reminder aja sih sbnarnya pasca 9 bln ngeblog: biar lebih smngat lg dan spy klau ngeblog itu jngan sendirian, dan mesti rajin komen atau blogwalking di blog tman2…

          Disukai oleh 1 orang

  8. Waaahh.. Jadi terhasut utk buat postingan kayak gini juga.. Wkwkwkkw..

    Pas baca postingan ini lgsung cek statistik dan lihat komentator.. Wkwk

    Nice post.. Detail mas nyeritainnya..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Silakan, mbak Wawa. Lebih pas dipostong pd saat ultah blog atau pas postingan ke-100, 200, 300 dst, biar sbgai reminder aja ttg ngeblog.

      Saya biasanya klau di stats muncul 6 besar itu, mka sy sllu upayakan utk payback dg komen k blog ybs. Bgtu klau sy, biar lebih akrab dan ngblognya makin smngat.

      Suka

  9. Kalau blogku, yang paling sering komentar adalah… aku sendiri. ya iyalah

    Terus semangat menulis ya mas. Seneng deh kalau nemu temen-temen blogger yang rajin nulis. Dari ngeblog inilah aku banyak mendapatkan teman-teman. ^^

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ya, mbak Chika. Klau kitanya emang terbanyak.
      Tp komentator sesuai stats di bawah Anda mungkin bs dicek, yg top 6, siapa ya?

      Sip. Mksh bnyak mbak Chika. Yok, semangat BW jg, biar rame…

      Suka

  10. Hebat ya, belum pernah bertemu tetapi sudah lancarembuat deskripsi hahaha.. Ya beginilah pertemanan dalam dunia wordpress πŸ˜€
    Besok besok aku juga mau bikin kaya gini ah kak πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  11. wah..aku sedikit malu karena kadang lupa ninggalin komen di blog ini, padahal pemiliknya sering banget komen di blog NDAYENG hehehe. aku juga baru tau kalau blogger itu ditulisnya bloger tanpa dobel ” g” hahaha, trims atas infonya… : )

    Disukai oleh 1 orang

    1. Haha..nyantai aja mas Hendi. Gpp kok, sy td nya mau ngecek, apkh backlink-nya terlihat atau tdk, tp kyaknya tdk. Harusnya sy ngelink-nya k slh satu postingan Anda, tp sy urungkan. Knp?

      Bgni crta singkatnya, waktu sy nulis postingan ini, awalnya, mas Hendi sbnrnya urutan ke-6 (huhu….terbongkar dech), tp bbrp saat kmudian, tergeser oleh Arika. Padahal, narasi (review) utk blog Anda sudah sy siapkan, haha…. krn yg muncul di stats cuma top 6, ya akhirnya cuma 6 bloger itu yg sy ulas. Anda, yg sdah di urutan ke-7 (waktu itu), kalau skrg sdah ke-8, hanya saya colek lewat link di atas.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Haha…aku coba2 ingat aja, mas. Dan khusus mereka yg sering komen, sy sllu ingat. Itulah pentingnya sering berinteraksi itu, sprti sy bilang pd blog di atas, aplgi klau memang muncul di stats.

          Tp intinya sih, krn blog di atas sy niatkan, wkwk…

          Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s